KUNCI SUKSES MEMBACA




 

Sri Sugiastuti

 

Buku adalah sahabat terbaik manusia ( Edwin Louis Cole)

 

Terinspirasi dari belajar menulis bersama Dr. Ngainun Naim, M Pd di kelas maya Belajar Menulis Gelombang 13 yang diadakan Omjay dkk. Materi dengan judul Kunci Sukses Menulis Produtif sangat menarik untuk disimak. Bisa untuk bahan refleksi Bu Kanjeng yang kadang masih ada lowong dalam satu hari tidak menulis.

Bu Kanjeng  berjuang ingin menulis di blog, padahal kegiatannya padat merayap. Ia tidak boleh berkilah sibuk atau tidak ada waktu. Baginya menulis sudah jadi kebutuhan. Sepertinya banyak ide yang berserak dan harus dikemas dengan apik untuk dijadikan catatan dalam hidupnya.

Sejak pagi Bu Kanjeng sudah ada ide ingin menulis tentang meningkatkan minat baca tulis atau lebih dipahami sebagai literasi. Ia mengambil buku berjudul Success through Reading and Writing hadiah dari penulisnya langsung Pak Peng Kheng Sun. Bu Kanjeng mendapatkan inspirasi dan motivasi dari buku tersebut. Mengapa? Karena kegiatan literasi sudah  jadi bagian dari gaya hidup Bu Kanjeng. Jadi bila punya hutang tulisan ingin segera ditunaikan.

Kali ini Bu Kanjeng ingin menulis kembali apa yang sudah dibaca. Karena yang paling efektif memang menulis kembali apa yang sudah dibaca. Jadi bisa mempraktikkan ikatlah ilmu dengan menulis.

Dalam buku itu Pak Peng secara jelas mempermalukan sekaligus menyadarkan Bu Kanjeng betapa ia belum maksimal ketika membaca buku. Karena hanya sekadar paham bahwa membaca banyak manfaatnya. Bu Kanjeng masih membaca lompat lompat dan memilih bacaan yang memang dibutuhkan saat itu.

Dalam buku itu sempat Bu Kanjeng tandai dan menuliskan kembali yaitu berupa kiat mendapatkan manfaat dari membaca. 

Kiat mendapatkan manfaat maksimal dari membaca dengan cara :

1. Membuat catatan atau ringkasan dari apa yang sudah dibaca. Bagaimana kita mengumpulkan butir-butir pengetahuan yang sudah kita baca. Mencatatnya sesuai dengan cara yang paling disukai. Menggunakan Berbagai metode yang pas dan nyaman sehingga manfaat membaca jadi maksimal.

2.Membuat Reading Record (RR) ini sangat penting untuk mengukur minat baca kita. Sudah berapa judul buku yang sudah kita baca dan paham apa tidak isi dari buku tersebut.

3.Membiasakan diri dengan menulis. Menulis untuk diri sendiri atau konsumsi publik. Dengan menulis berarti kita mengaktifkan lagi pikiran dan memproses ap yang pernah dibaca. Membaca tanpa disertai menulis menjadi kegiatan yang kurang sempurna. Bak sumur yang airnya tidak digunakan jadi kotor dan bau. Itulah sebabnya apa yang sudah kit abaca bisa kita cata atau

4. Manfaatkan pengetahuan dari hasil membaca. Bisa ditulis di blog, untuk materi mengajar, untuk referensi membuat buku, dan mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Orang yang gemar membaca punya banyak solusi ketika menghadapi suatu masalah.

Dengan keempat kiat itu Bu Kanjeng berusaha memperbaiki kualitas membacanya. Ia akan melanjutkan Reading Recordnya yang sudah lama diabaikan.

Ia tidak ingin dikatakan sebagai orang yang hanya suka mengaku gemar membaca tetapi belum bisa menarik manfaat dari membaca.

Membaca adalah kegiatan yang memberikan banyak keuntungan. Artinya bila tidak membaca kita rugi besar. Bagaimana menurut pembaca?


Post a Comment

39 Comments

  1. mantap Bunda sungguh inspiratif

    ReplyDelete
  2. Keren... Kereeeen..... Menulisssss...

    ReplyDelete
  3. Luar biasa ilmunya. Terima kasih Bu Kankeng

    ReplyDelete
  4. Wuiiiiih bener nih jadi nambah energi baca tulisan ini, makjoosss dah....

    ReplyDelete
  5. Bener banget Bu guru. Wah, perlu ditiru ini. Sekedar membaca saja tidak cukup yaa... Harus mendapatkan manfaat dan memahami apa yang kita baca.

    Makasih motivasi Bu guru

    ReplyDelete
  6. Keren bunda tulisannya sangat bermanfaat 😊

    ReplyDelete
  7. Mantap Bu... tampilan nya jg okey...keren...

    ReplyDelete
  8. Mantap Bu... tampilan nya jg okey...keren...

    ReplyDelete
  9. Terimakasih bu Kanjeng, telah mengingatkan untuk membaca. That,s my problem

    ReplyDelete
  10. Terima kasih Ibuk... atas banyak inspirasi dari ibu yang super produktif menerbitkan buku... sehingga para pembaca tertular virus semangat kegigihan ibu, perjuangan , kisah dan cerita inspiratif yang ibu tulis.... dengan banyak membaca kita mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman hidup yang bisa kita teladani, terima kasih ibuk atas ilmunya tentang manfaat membaca ( bu sri)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Action ya Bu, sayang kalau buku yang dimiliki ilmunya cuma brhenti di Ibu saja

      Delete
  11. Inspiratif Bu Kanjeng, alhamdulillah saya sudah banyak membaca pagi ini di blog teman-teman..memanfaatkan waktu pagi pikiran masih fres untuk belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang membaca dan menulis harus seimbang dan dengan membaca kita tambah wawasan

      Delete
  12. Membaca minimal 10 halaman spt kata pak Ngainun naim
    Membiasakan diri meskipun berawal dr terpaksa

    Terima kasih ilmunya bunda ...

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Alhamdulillah dengan membaca buku dan membuat catatan memang lebih bermanfaat

      Delete
  14. Terimakasih buk.. .. Sangat2 bermanfaat ibuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah waktunya kita baca buku yang ada di skitar kita. Kadang kita cuma beli tetapi sudah 1 tahun bungkusnya masih rapih

      Delete
  15. Tak membaca maka tak update wawasan he he ...jd malu ketahuan telmi bunda

    ReplyDelete
  16. Pasti keren, hampir lupa berkunjung. Bukunya sudah nnyampai bun. Maaf belum ditindaklanjuti.

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. membaca buku yang kita miliki harus diagendakan. Biar lebih bermanfaat

      Delete
  18. Makasih bu Kanjeng
    Sangat inspiratif dan membuat selalu untuk menulis dan menulis
    Walau hanya 1 paragraf

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap jeda 1 paragraf lalu dilanjut akan jadi satu artikel

      Delete
  19. Membaca dan menulis, pasangan cinta sejati tak dapat dipisahkan😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, semakin banyak membaca tulisan kita aan semakin asyik dibaca dan menulis tidak jadi beban

      Delete
  20. saya suka kurang percaya diri untuk mempublish tulisan sendiri,takut salah,padahal pengen...
    bagaimana caranya supaya seperti bu kanjeng ya
    tolong koreksi tulisanku ya bu kanjeng. ssbdok8.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Teruslah berkarya. Makin bersinar menjelang pensiun. Saya kira ketika pensiun justru makin terbuka peluang menulis oleh karena kesibukan sebagai pengajar sudah berkurang. Di sana kelak akan berjubel karya-karya. Luar biasa. Semangat VL tak kendor. Mari Menulis

    ReplyDelete