GURU &GERAKAN LITERASI

 

Guru dan  Gerakan Literasi

“CATATAN GURU BK  DALAM   LITERASI & MENGABDI (Antologi Catatan Guru BK Meraih Mimpi)”

Mengapa saya menulis kalimat di atas untuk mengawali kata pengantar dari buku yang Anda baca saat ini? Jawabannya karena guru sebagai Agent of change memiliki tugas dan tanggungjawab mengarahkan atau membentuk prilaku dan akhlak peserta didik agar menjadi lebih baik.

Dalam konteks  kegiatan literasi,  guru sebagai fasilitator sekaligus menjadi subjek dan memiliki fungsi-fungsi yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Guru sebaiknya sebelum mengajak peserta didik untuk berliterasi, alangkah eloknya bila guru bisa memberi contoh dengan banyak membaca dan memiliki keterampilan menulis yang bisa diwujudkan dalam sebuah buku.

Kegiatan literasi dapat dikelola melalui belajar menulis sederhana dengan membaca situasi dan kondisi lingkungan sekolah. Mengikuti berbagai  kegiatan “Belajar Menulis” untuk memiliki keterampilan menulis yang banyak ditawarkan baik daring maupun luring.

Masa Pandemi yang melanda dunia menyadarkan banyak orang betapa pentinganya literasi bagi kaum milenial yang dituntut melek literasi. Tak ketinggalan para guru yang berhadapan langsung dengan generasi tersebut.

Rupanya penulis buku ini sudah tergerak dan bertekad mewujudkan hasil tulisannya diabadikan dalam sebuah buku. Melawan rasa malas, rasa takut dianggap tulisannya belum layak , bahkan merasa tidak punya bakat menulis bisa diatasi. Ini dibuktikan dengan hadirnya buku “CATATAN GURU BK  DALAM   LITERASI & MENGABDI (Antologi Catatan Guru BK Meraih Mimpi)” yang ditulis oleh Guru BK yang ada di Malang.

Tulisan ini tersaji sangat mewakili penulis sebagai guru BK yang memiliki ide atau gagasan untuk diabadikan dalam sebuah buku. Ada 9 artikel tersaji yang mengulas dunia peserta didik dan pernak-perniknya yang dihadapi oleh Penulis sebagai guru BK.

Saya sangat salut dengan kurator yang pantang menyerah saat mengajak sahabat dan komunitasnya untuk bergerak di bidang literasi, Hasil kolaborasi tulisn pun akhirnya terwujud.

Saya ucapkan selamat atas terbitnya buku sederhana ini yang sudah membuktikan bahwa guru BK bisa menulis dan menuangkan pesan sebagai guru dalam sebuah tulisan yang apik dan penuh makna.

Salam Literasi

Sri Sugiastuti,

Pegiat Literasi Nusantara, Motivator & Penulis buku.

 

 

Post a Comment

18 Comments

  1. setuju bunda. sangat elok bila dimulai dari guru, hingga mampu murid muridnya terinspirasi. mantaap

    ReplyDelete
  2. Mantap Kuratornya. Lebih mantap yang kasih kata pengantarnya. Makin semangat nih. Terus berkaryaa. Salam Literasi.

    ReplyDelete
  3. Hebat bunda, jadi inspirasi bunda

    ReplyDelete
  4. Indahnya akhlak seorang guru tercermin dalam tutur dan sikap, bunda menginspirasi sll, sehat dan sukses bunda Kanjeng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin YRA. Tercurah doa yang sama untuk Bunda Utami dan keluarga

      Delete
  5. Kata pengantar nya apik dan enak dibaca...full motivated🙏👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah berharap semakin banyak guru yang mau menulis

      Delete
  6. Mantap. bunda,Kalau di ibaratkan sebuah makanan "sedap dan gurih "krn Bumbunya Lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan pastinya menyelera. Ayo gerakan komunitasnya ajak nubar nulis bareng

      Delete
  7. Luar biasa bunda..mantap..keren..penuh inspirasi

    ReplyDelete
  8. Meskipun pandemi melanda tak menurutkan niat untuk terus melakukan hal positif seperti menulis dan berbagi, sangat setuju dengan apa yg ibu sampaikan bahwa untuk menggerakkan siswa berliterasi selayaknya dimulai dari gurunya. Semoga Bu Kanjeng sehat selalu, kami selalu menunggu segala inspirasi yang ibu tebarkan🙏❤️😄

    ReplyDelete