YUK, BELAJAR MENULIS BERSAMA OMJAY & BU KANJENG


                          Kata Pengantar

Dra Sri  Sugiastuti, M.Pd. 
Pegiat Literasi , Motiivor, dan Penulis Buku

Alhamdulillah, ini suatu kehormatan bagi saya ketika diberi kesempatan untuk menulis Kata Pengantar pada sebuah buku dengan judul  Yuk, Belajar Menulis Bersama Omjay dan Bu Kanjeng”  Sebuah buku resume yang dibuat oleh guru muda yang berada di pulau Andalas, tepatnya di Bengkulu. 

Beliau adalah Bapak Usman Alamsyah yang saat ini menjaabt sebagai Kepala SD di Rejang Lebong Bengkulu. Perkenalan saya dengan guru yang mengabdi di daerah 3 T ini, bukanlah kebetulan.

 Allah yang menggerakkan hati dan pikiran kami untuk berkolaborasi. Membaca hasil resume yang dibuat selama mengikuti kegiatan Belajar Menulis Bersama Omjay dan PGRI via Daring di masa Pandemi sangatlah bermanfaat. Banyak yang ditulis di dalam buku ini dapat dijadikan referensi bagi penulis pemula sekaligus sebagai sarana menularkan virus cinta literasi di pelosok negeri  bumi pertiwi.

Sejatinya buku itu jendela ilmu, sekaligus sumber informasi. Banyak yang bisa dimanfaatkan dari hadirnya sebuah buku. Penulis sangat memahami apa yang disampaikan narasumber dan bisa meragkumnya menjadi buku yang enak dibaca. 

Dari hasil silahaturahmi saya melalui WA, saya bisa membayangkan bagaimana perjuangan seorang “ Dang Usman” mewujudkan resume ini menjadi buku. Begitu banyak momen yang seharusnya bisa dikerjakan terpaksa harus dilupakan atau diundur. Baginya ada skala prioritas yang paling utama, setelah beribadah kepada Allah, yaitu Birulwalidain yaitu berbakti kepada orang tua, salah satu tugas mulia itu merawat Bundanya yang 8 tahun lebih menderita sakit tepatnya Pengapuran. 

Dang Usman sambil melayani Ibundanya, ia masih bisa belajar via daring bersama Omjay dan PGRI. Tugasnya sebagai abdi negara mendidik anak bangsa pun tetap dijalankan. 

Bagaimanakah hasil resume yang sudah ditampilkan dalam buku ini? Menurut saya sangat menarik. Pasalnya setiap penulis memiliki karakter tulisan yang berbeda. Demikian juga dengan tulisan Dang Usman. 
Seperti yang ditulis oleh deepuplishing  dalam webnya; Setiap orang memang memiliki caranya sendiri-sendiri. 

Jika saya, selalu mencoba untuk memahami tema yang diberikan penulis. Bagi saya, salah satu alasan mengapa kita tidak bisa mencintai tema tersebut karena tidak mengenal dengan baik terhadap tema. Ini pulalah alasan kenapa tulisan terasa sulit.

Sebenarnya bukan karena tulisan atau temanya yang sulit. Karena penguasaan terkait ilmu tersebut yang terbatas. Maka, solusi yang bisa kita coba adalah mempelajari terelbih dahulu. Memang memakan waktu lebih banyak. Alasan ini pulalah yang sering dijadikan alasan semangat menulis semakin turun. 

Lantas bagaimana agar semangat menulis tidak turun dan bisa mencintai tema yang harus ditulis? Cukup ciptakan kebahagiaan. Berikan sugesti kepada diri sendiri dengan hal positif, agar terbangun emosi positif. 

Emosi positif inilah yang akan membantu dalam menemukan gagasan, ide spontan yang sangat membantu pekerjaan Anda. 
Saya ucapkan selamat atas terbitnya buku resume ini. Saya yakin buku ini akan menemui takdirnya dan mencerahkan para pembacanya

Surakarta, 25 Januari 2021.

Post a Comment

24 Comments

  1. laur biasa pak Usman, semoga bukunya segera terbit, omjay pernah bertemu langsung dengan beliau ketika mengisi materi di Bengkulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam ini, pengalaman pertama Dang Usman belajar menulis lewat group WhatsApp (WA). Dimana ia bisa bergabung karena link yang dibagikan Om Jay. Dang Usman mengenal Om Jay ketika Om Jay mengisi acara Seminar tentang menulis dan menerbitkan buku di “Kampung Inggris” yang beralamat di Jalan. H. Agus Salim, Rimbo Recap, Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Sekaligus mendapat nomor WA Om Jay. . Horeeeee

      Delete
  2. Suatu saat buku saya akan terbit, ibu yang buatkan kata pengantarnya..

    ReplyDelete
  3. Thnks Bunda Mantap kata2nya
    Berawal dari Buku Bu Kanjeng
    Shg mencoba Edit2 lagi Resume yg masih mentah🤝🤝🤝

    ReplyDelete
  4. Saya peserta baru di grup belajar menulis,
    do'akan saya bunda biar kuat dan konsisten menulis

    ReplyDelete
  5. Masya Allah Pak Usman, barokallah. Bunda Kanjeng, tulisan ini memantik semangat saya untuk dapat menerbitkan buku seperti Pak Usman.

    ReplyDelete
  6. Luar biasa Pak Usman, saya peserta baru d grup Belajar Menulis semoga saya juga bisa menulis buku sampai di terbitkan..aamiin..

    ReplyDelete