Ujian Tanda Disayang Allah


Ujian Itu Tanda Disayang Allah.

Oleh: Sri Sugiastuti

Sudahkah Anda menghitung ayat ayat Allah yang menerangkan tentang ujian hidup dan solusinya ?Alquran sebagai petunjuk  dan sekaligus obat dan solusi dari masalah atau ujian yang dihadapi hamba-Nya. Sebenarnya pertanyaan ini untuk diri Bu Kanjeng yang merasa dan menyadari sepenuhnya bahwa ia sering diuji Allah.

Allah SWT memberikan ujian kepada manusia untuk mengetahui setiap kemampuan hamba-hamba-Nya dalam memecahkan permasalahan hidup, baik masalah harta, anak, keluarga, tempat kerja, ataupun masalah-masalah lainnya. Jadi tidak heran bila kita mendapat musibah, menghadapi masalah  atau kehilangan yang amat kita sayangi. Semua kembali bagaimana kita menyikapi.

Allah SWT berfirman,” Dan sungguh, Kami benar-benar menguji kalian dengan sedikit dari rasa takut, lapar, krisis moneter, krisis jiwa dan krisis buah-buahan.Sampaikanlah kabar gembira bagi orang-orang yang sabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata, ‘Innalilahi wa ina ilaihi rajiun (Kami milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kami akan kembali)’. Mereka lah orang-orang yang mendapatkan keberkahan dan kasih sayang dari Rabb mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk,” (QS. Al Baqarah:155-157).

Padahal Bu Kanjeng pernah menemui kasus baik yang dialaminya sendiri maupun ketika ia ikut prihatin dengan ujian yang dihadapi sahabat dan kerabatnya. Benar adanya semua harus dikembalikan bagaimana sang hamba menyikapi masalah yang dihadapi.

Ternyata saat selesai mendapat ujian tanpa disadari justru  meraih kemuliaan bahkan rezeki yang lebih bermanfaat dari yang diduga.

Bahkan Nabi SAW bersabda: “Sungguh, besarnya pahala bersamaan dengan besarnya cobaan. Apabila Allah mencintai suatu kaum, Dia akan menguji mereka. Barangsiapa yang rela, maka baginya ridha-Nya, dan barang siapa yang benci, maka ia akan mendapatkan kebencian-Nya,” (HR. At Tirmidzi). ada beberapa hikmah yang dapat kita ambil pelajaran apabila kita ditimpa musibah atau ujian hidup.

Ada 3 hal yang bisa Bu Kanjeng cermati bahwa ujian itu tanda cinta Allah kepada umat-Nya:

1. Berdasarkan hadits Nabi SAW diatas yang berbunyi, “…Apabila Allah mencintai suatu kaum, Dia akan menguji mereka. ..”. Maka hal ini menandakan bahwa setiap ujian manusia terima adalah sebagai wujud kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya.

2. Dengan adanya ujian hidup membuat diri kita semakin bersabar. Sebagaimana dalam firman Allah SWT : “Adakah kalian mau bersabar?”,(QS. Al Furqon : 20). Artinya bahwa Allah memberikan ujian itu ingin melatih kebiasaan kita agar belajar bersabar.

3. Melatih kita untuk belajar bersyukur. Hal ini seperti dijelaskan dalam firman Allah SWT (QS. Ibrahim [14]: 7).

3 hal tersebut membuat Bu Kanjeng semakin tegar dan tidak perlu merasa was-was apalagi mengeluh dan gelisah.  Semua diyakini akan baik-baik saja selama kita mau mengambil solusi cepat dan.memetik hikmah daro setiap musibah.

Wallahu’alam

Catatan Ramadan 25, 1442 H.


Post a Comment

9 Comments

  1. Amin,,luar biasa bu kanjeng, sabar merupakan kata sederhana namun membutuhkan kebesaran hati dan jiwa untuk melakukannya,,terimakasih untuk penguatannya,,semangaaaatt 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya saatnya kita saling menguatkan ketika mendapat ujian

      Delete
  2. MasyaAllah Tabarakallah ibu sudah saling mengingatkan untuk kita sbg manusia agar selalu bersyukur, ikhlas dan bersabar. Wujud syukur adalah melaksanakan ibadah yg Allah perintahkan salah satunya belajar menulis yg baik. Salah satu wujud ikhlas dlm konteks keyakinan/tauhid adlh confession thdp IllahiRab sbg Tuhan yg patut disembah, dijlnkan yg diperintahkan dan meninggalkan yg dilrg. Dan salah satu wujud sabar dlm konteks hablum minanash (socio) semoga para menthor betsabar dlm menghadapi para guru yg sdh berusia 50 keatas tp tetap ingin berkarya bagi negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indahnya berbahk dan saling mengingatkan untuk kebaikan kita

      Delete
  3. Ujian,cobaan ,suka duka dalam pergumulan hidup adalah anugerah dan Pemberian terbaik dari Tuhan, agar senantiasa selalu dekat kepada- Nya.

    ReplyDelete
  4. Ujian hidup membuat kita naik kelas

    ReplyDelete