Puasa dan Kesehatan Jiwa Raga

Puasa dan Kesehatan Jiwa Raga


Oleh:Sri Sugiastuti

Ramadan tiba, Ramadan tiba, Ramadan tiba. Marhaban ya Ramadan. Begitulah sukacita Bu Kanjeng saat hatinya menyambut datangnya bulan Ramadan yang mulia. Bulan dimana umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh.

Mengapa Allah turunkan QS Al Baqarah ayat 183 "
Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."
Ketika kita berpuasa karena Allah, insyaallah ketakwaan kita bertambah. Sementara bila puasa dikaji dari kesehatan jiwa raga kita akan selalu merindukan bulan puasa. Betapa tidak, puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan raga.

Bu Kanjeng berselancar dan mendapatkan artikel yang menguatkan pemikirannya untuk berbagi apa yang dipahami.  Postingan Prof. Dr. H. A. Rafiqi Tantawi, Ms.tanggal 12/16/2019 membahas masalah puasa dan kesehatan. Bu Kanjeng tertarik dengan kajian bahwa puasa menyembuhkan penyakit jiwa atau membersihkan jiwa yang kotor.
Seperti sabda Rasul yang mengatakan"
Ketahuilah di dalam jasad kita ada segumpal daging, kalau baik segumpal daging itu maka baik seluruh jasadnya, kalau rusak segumpal daging itu maka rusaklah seluruh jasadnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati.” sangat jelas kalimatnya.

Saat puasa penyakit hati terobati. Orang yang puasa harus bisa menahan marah. Berlomba dalam bersedekah, penyakit sombong, angkuh, iri dan dengki otomatis pergi karena saat puasa keimanan meningkat. Keinginan untuk meraih ampunan dan bertobat mendekat. Teringat bahwa semua kebaikan yang dilaksanakan pahalanya akan dilipatgandakan.

Di dalam satu sabda Rasulullah Saw. mengatakan, “Hati itu bisa berkarat dan penyembuhannya adalah dengan Al-Qur’an.” Saat Ramadan, membaca AlQuran sangat dianjurkan.Hati menjadi tenang. Ketahuilah bahwa hati yang berkarat itu termasuk hati yang sakit, karena ada tumpatan pada hatinya sehingga sulit menerima ajaran Al-Qur’an dan ajaran Rasulullah Saw. Dengan puasa insyaallah rohani jadi sehat. Muncul motivasi dan tindakan untuk berbuat baik. Ada 8 manfaat puasa untuk kesehatan. Mencoba mengkaji dari aspek sains bahwa ada paling tidak delapan hal yang bisa ditemukan terkait penyembuhan dengan puasa.

Yang pertama meningkatkan kontrol gula darah dengan mengurangi resistensi insulin. Ini bersumber pada data-data penelitian yang ditemukan bahwa puasa intermitten atau puasa sehari-berbuka sehari, atau puasa 12 jam berbuka 12 jam. Dengan ulasan seperti itu sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin. Yang jika dilakukan dalam jangka panjang, 4 sampai 7 minggu, bahkan sampai 12 minggu dikatakan, puasa intermitten ini dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin.

Yang kedua, meningkatkan kesehatan yang lebih baik dengan memerangi peradangan. Dari data yang diberikan oleh penulisnya, satu studi kecil menemukan ada efek yang sama ketika orang berpuasa selama 12 jam sehari, selama satu bulan. Terlebih lagi satu penelitian pada hewan menemukan bahwa mengikuti diet yang sangat rendah kalori untuk meniru efek puasa dapat mengurangi tingkat peradangan dan bermanfaat dalam pengobatan multiple sclerosis. Jadi kondisi peradangan kronis bisa disembuhkan dengan puasa.

Yang ketiga, dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah trigeliserida dan tingkat kolesterol. Dari data yang diberikan satu studi kecil bahwa dengan berpuasa delapan minggu bergantian mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigeliserida masing-masing sebesar 25% dan 32%. Artinya bahwa puasa dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner menjadi lebih rendah. Karena puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigeliserida, dan kadar kolesterol.

Yang keempat, artikel ini menyebutkan dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah gangguan neuro-degeneratif. Beberapa data yang diberikan menunjukkan bahwa puasa juga dapat membantu meredakan peradangan, ini juga bisa membantu mencegah gangguan neuro-degeneratif. Artinya, secara khusus penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi dan meningkatkan hasil untuk terhindar dari kondisi seperti penyakit Alzheimer, melindungi dari penyakit Parkinson. Namun untuk lebih lanjut diperlukan evaluasi efek puasa pada fungsi otak manusia.

Yang kelima, membantu penurunan berat badan dengan membatasi asupan kalori dan meningkatkan metabolisme. Banyak orang punya problem dengan berat badan, tetapi dengan puasa ini bisa meningkatkan pengaruh fisik.  Suatu ulasan menunjukkan bahwa puasa sepanjang hari dapat mengurangi berat badan hingga 9% dan secara signifikan mengurangi lemak tubuh pada minggu ke 12 sampai minggu ke 24.

Yang keenam, meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan yang sangat penting untuk pertumbuhan metabolisme penurunan berat badan dan kekuatan otot. Kita tahu bahwa hormon-hormon pertumbuhan manusia adalah sejenis hormon protein yang penting bagi banyak aspek kehidupan kita. Dengan puasa, ada satu studi pada 11 orang dewasa menunjukkan bahwa selama puasa 24 jam secara signifikan meningkatkan kadar HGH. Pada penelitian lain, pada sembilan pria ditemukan bahwa hanya 2 hari puasa dapat meningkatkan 5 kali lipat produksi HGH. Puasa dapat membantu mempertahankan kadar gula darah dan insulin sepanjang hari tadi, dengan demikian dapat memperbaiki kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Yang ketujuh, yaitu bisa menunda penuaan dan memperpanjang umur.  Dari satu penelitian yang dilakukan kepada tikus, ditemukan bahwa  penuaan tertunda 83% lebih lama pada tikus yang berpuasa dibandingkan dengan tikus yang tidak berpuasa. Kajian pada manusia tentu berdampak lebih efektif, terutama kalau digunakan pada ketaatan kepada Allah Swt.

Dan yang terakhir, puasa dapat mencegah atau membantu dalam pencegahan kanker dan meningkatkan efektifitas kemoterapi. Pada beberapa penelitian yang dilakukan, bahwa pada hewan dan pada tabung-tabung reaksi di dalam uji-uji secara infitro atau pada media bulatan dengan sel kanker menunjukkan bahwa puasa dapat menghambat perkembangan tumor dan meningkatkan efektifitas kemoterapi.
Inilah yang bisa saya sampaikan, semoga ada manfaatnya. Bahkan orang asing yang tidak beragama Islam, mereka mengakui keberadaan puasa sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita.

Bisa berbagi di bulan Ramadan hanya mengharap rida Allah sekaligus belajar hidup di era digital membuat Bu Kanjeng harus penuh semangat mengajak para sahabat dan komunitasnya untuk berliterasi. Kajian di atas salah satu bukti dan wacana bahwa berbagi itu indah dan membahagiakan. 

Yuk jaga stamina dan hati agar puasa Ramadan tahun ini lebih berkualitas dan bersemangat. Happy fasting.



Post a Comment

24 Comments

  1. Ter di ma kasih Bun ,dan Selamat panjang umur ,semoga sehat dan sukses Bu🙏🤲🤲

    ReplyDelete
  2. Waaw asupan nutrisi sangat luar biasa bundaaa, terimakasih ilmunya bunda

    ReplyDelete
  3. Ketika matahari condong ke barat, cahaya yang dipancarkan dan dipantulkan jingga dan keemasan. Bukankah yang tua makin bernas? Raga yang mulai lelah tetap bersemangat untuk menopang ide dan identitas agar tetap teretalase secara apik.

    ReplyDelete
  4. Masyaallah, ilmu ttg berpuasa yg bermanfaat sekali. Semangat bundaku

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah sgt bermanfaat. Sht sll Bu Hajjah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Àamiin YRA
      Tercurah doa yang sama untuk Cak Inin dan keluarga

      Delete
  6. Masya Alloh.

    Bermanfaat sekali bunda..
    Teriring ucapan:
    Sugeng Ambal Warsa.. mugi panjang yuswa lan tansah pinayungan ing berkahing Gusti.. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Benar sekali artiker bunda kanjeng, dapet pencerahan berharga lagi nih
    Termkasih bunda kanjeng 🙏

    ReplyDelete
  8. Lrngkap sekali tulisan hikmah Ramadhan untuk kesehatan. Terimakasih Bu....salam.literasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bila dapat mencerahkan
      Terima kasih singgah

      Delete
  9. Masya Allah daging semua isinya, begitu banyak manfaat dari puasa dan menyehatkan, terima kasih bunda ilmunya, barakallah fi umrik semoga Allah panjangkan usia dan lebih barokah sehat slalu dan bahagia aamiin

    ReplyDelete
  10. Sehat selalu dan terus berkarya, Bunda....

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah sehat waafiat selalu bunda Aamiin...terus berkarya dan beribadah

    ReplyDelete