MENULIS DALAM KESIBUKAN DAN PELUNCURAN BUKU RVL

Tiga buku yang ikut diluncurkan bersama dengan karya anggota RVL lainnya

Oleh: Sri Sugiastuti 

Lagu Farel Prayoga yang sedang ngehits, membuat Bu Kanjeng ikut berdendang riang dalam perjalanan menuju BBGP Yogyakarta  beberapa hari lalu. Ia duduk di samping pengemudi Avanza mobil travel yang akan membawanya ke tempat kopdar RVL digelar. Karena barang bawaan Bu Kanjeng cukup banyak, dia rela bayar 2 kursi untuk  sampai tujuan. Sebenarnya  dia ingin Pak Kanjeng ikut. Setidaknya bisa menemani Bu Kanjeng saat istirahat. Apa daya Pak Kanjeng lebih memilih di rumah dengan alasan ikan Gapi yang ribuan ekor ada di kolamnya harus diberi makan. 

"Ngapain Bu Kanjeng begitu rempong dengan barang bawaan dan properti lain yang lumayan berat seperti itu? Kayak wonder woman aja." Mulai lah pikiran kotor itu merusak niat baik Bu Kanjeng.

"Memang sudah dipikir meninggalkan rumah 4 hari hanya untuk kopdar satu komunitas yang bernama RVL? Seberapa penting sih RVL buat kehidupan Bu Kanjeng? Suara berisik itu ikut mengganggu pikiran Bu Kanjeng.

" Husst, sudah tidak usah berdebat dengan pikiran kotor itu. Ayo fokus dengan komitmen yang sudah disepakati. Jangan jadi orang yang dijuluki mencla- mencle. Esok dele sore tempe" Hati nurani Bu Kanjeng yang asli ikut menguatkan.

Terbayang di depan mata, ia akan segera berjumpa dengan panitia yang sudah mempersiapkan acara kopdar RVL dengan maksimal. Memang ada 3 agenda penting yang digelar.  Kopdar, Peluncuran Buku dan workshop. Keren kan!

 "Ingat ini event bergengsi yo. Ada Pak Blantik Literasi dari Unesa, ada Cak Inin Bos penerbitan buku, ada  Bunda Telly yang baik hati dan Neng Puji dari Sidoarjo  juga ustadzah Sumintarsih dari Purwokerto. Juga admin cantik Bu Mila dari Brebes. Belum lagi sahabat dari Gunung Kidul dan sekitarnya. Kapan lagi bisa silahturahmi? Di event ini sekali dayung banyak pulau bisa disinggahi. Rugi besar kalau melewatkan even ini. Katanya pengen awet muda, pengen panjang umur, pengen jadi orang yang dirindukan, ingin kondisi sehatnya untuk kegiatan yang bermanfaat. Ayo semangat tidak perlu mikir untung rugi seperti pebisnis properti. Ayo gas pol. Kembali ke niat awal." Sorak hati Bu Kanjeng penuh semangat.

"Jangan sok sibuk ya! Literasi itu menggairahkan dan bikin orang semakin berkualitas bila otaknya digunakan untuk membaca dan menulis, apalagi mau ikut menyebarkan virus Literasi, pasti joz gandos,"

Entah karena faktor U atau memang sifat bawaan Bu Kanjeng, ia  sering introspeksi dan mengganggap orang punya sifat dan pemikiran  yang sama dengannya. Rencana besar kipdar RVL dan Peluncuran Buku  Solo sudah masuk di hati dan ia  sangat berharap bisa berpartisipasi aktif di kegiatan tersebut. Rasa kebersamaan dan ingin eksis di dunia literasi menjadi kekuatan tersendiri.

Jangan mengaku menjadi pegiat Literasi Nusantara bila tidak bisa menerbitkan buku dengan lebel pembuatan tahun 2022. Masih ada waktu  2 bulan, saat Bu Kanjeng bertekad mau meluncurkab 3 buku di acara Kopdar RVL  di BBGP  Oktober 2022. Buku Traveling, Motivasi,  dan Kumpulan Puisi.

Bukan Bu Kanjeng namanya bila tidak bisa berkolaborasi dengan sahabatnya sesama pegiat Literasi di nusantara. Bu Kanjeng mulai bagi-bagi tugas  untuk 3 bukunya. Ada Mas Eko  Daryono yang dipercaya Bu Kanjeng untuk mengedit. Ada  Bu Raliyanti yang bertugas buat cover dan layout. Dr Marjuki, Dr Mudafiatun dan Mayor Nani kebagian memberi kata pengantar. Tak lupa Pak  D Sus  yang menjadi  Proofreader. Ditambah beberapa sahabatnya yang memberi Endors di buku  Bu Kanjeng.

Taraaa. Akhirnya 3 buku Bu Kanjeng bisa ikut peluncuran di acara kopdar RVL yang sangat bergengsi. Yes di tengah kesibukannya sebagai PJ (Penanggung jawab) lahirnya buku Antologi dan juga menjembatani penulis pemula mewujudkan karya bukunya. Bu Kanjeng bisa juga mengawal 3 buku solonya terbit.

Tanpa disadari ternyata Bu Kanjeng menerapkan apa yang sudah dibaca di buku "SOS ( Sopo Ora Sibuk) Menulis dalam Kesibukan" yang ditulis oleh Much Khoiri. Di halaman 25 Bu Kanjeng menemukan subjudul "Menulis itu Berkomunikasi " Ada yang bisa dikutip karena cukup penting untuk diingat.

"... Gaya bahasa yang komunikatif sangat banyak dianjurkan, sesuai genre tulisan. Tak usah berbahasa sok ilmiah seperti bahasa dewa kecuali memang menulis karya ilmiah. Kesuksesan tulisan kerap ditentukan gaya bahasa atau disebut( pula art poetica) dalam menulis. Tapi jangan lupa penulis yang hebat akan menggunakan bahasa yang sederhana meski untuk menyampaikan hal-hal yang rumit"

Benar juga ya. Lalu apakah tulisan Bu Kanjeng sudah mengarah kesana? Tanya saja pada rumput yang bergoyang kata Ebiet G Ade dalam lagunya yang melegenda.

Surakarta Hadiningrat 02 November 2022.

Post a Comment

36 Comments

  1. Hebat Bu Kanjeng, nih.... Selalu produktif dan menebar virus semangat

    ReplyDelete
  2. he he he sayangnya rumput tak mampu bicara dengan bahasa manusia
    kereen bu Kanjeng semoga makin sukses selalu

    ReplyDelete
  3. Keren dan mantap, semoga sehat terus dan makin dapat menginspirasi para pembelajar ini Bun, matur suwun

    ReplyDelete
  4. Semoga jadi amal jariyah menebarkan ilmu yang bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Menulis dalam kesibukan. Sebuah buku yang banyak ditunggu. Matur nuwun, Bu Kanjeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Isinya daging semua. Terima kasih Pak Blantik Literasi

      Delete
  6. Bu Kanjeng memang bak wonder woman.....lokomotif literasi penuh energi. Lanjutan karyanya selalu dknanti. Salam literasi Bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa kabar Pak Har, mana bukunya yang mau diluncurkan ngga jadi kmrn.Panjenengan juga produktif

      Delete
  7. Semangat luar biasa untuk bisa kopdar. Semoga kita bisa jumpa lagi ya Bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin YRA. Hati ini harus selalu diajak menuju kebaikan.

      Delete
  8. Masya Allah bu Kanjeng. Semoga bisa ketemu lagi dan belajar dengan insan hebat kesayangan Allah. Barokallah bu Kanjeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin YRA. Tercurah doa yang sama, agar senantiasa berlomba dalam Kebaikan.

      Delete
  9. Luar biasa. Bunda satu ini...selalu menggebu dlm menerbitkan buku yg bermutu....dan isinya selalu dirindu

    ReplyDelete
  10. Luar biasa semangat bu Kanjeng untuk menyebarkan virus literasi di bumi Nusantara. Salam sehat bunda

    ReplyDelete
  11. Bersama dengan para master literasi moga menular ke sekitar. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Keren...berbagi cerita. Trimks infonya Bunda Kanjeng...Buku2 yg canti seperti penulis yg rajin menulis. Setiap kegiatan Traveling jadi buku. Emak...mau ATM belum sempat . Semoga virus literasinya menular. Salam sehat dan tambah sukses ,Aamiin Ya Robalalamin

    ReplyDelete
  13. Wah makjleb. Aku banget ini, kadang kesibukan dijadikan alasan padahal sebenarnya males saja aku. Terima kasih sharenya Bu Kanjeng, tulisannya selalu memotivasi.

    ReplyDelete
  14. Keren Bu Kanjeng. Memotivasi untuk selau menulis, dengan mengutip salah satu buku Master RVL. SOP ( Sopo Ora Sibuk)

    ReplyDelete
  15. Bu Kanjeng mmg selalu menginspirasi... sy byk belajar dan byk jg ilmu literasi yg diberikan.. semoga sy bs mengikuti jejak bu Kanjeng... sehat2 sealu ya bundaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu Raliyanti yang selalu sabar dengan request yang saya ajukan. Tetap sehat dan semangat ya.

      Delete
  16. Bunda kanjeng semangatnya luar biasa. Semoga selalu mengispirasi terutama untuk saya yg fakir ilmu

    ReplyDelete