BERKENALAN DENGAN WOMENWILL


                                                                    

                                                                         Sri Sugiastuti

 

Usia boleh gaek, semangat tetap muda berkarya. Oh ya? Lah iya lah. Karena semangat itu lah Bu Kanjeng  bisa hadir sabtu-Ahad di Sala view hotel, yang letaknya sangat terjangkau dari rumah. Bu Kanjeng punya kesempatan bertemu perempuan hebat yang mau berbagi ilmu untuk kaumnya dengan memberdayakan teknologi yang ada.

Bu Kanjeng sangat bersyukur pada Allah yang menggerakkan hati dan pikiran ini hingga sampai di acara Womenwill Solo suatu pelatihan gratis buat perempuan agar menjadi wirausaha yang tangguh dengan memanfaatkan Gmail dan digital.

Ya di era  discruption membuat kita dimudahkan oleh banyak hal. Dan ini bisa jadi peluang go nasional bahkan go internasional untuk memasarkan suatu produk atau jasa yang kita miliki.

Women Will adalah inisiatif Google yang berfokus pada program digital untuk pemberdayaan ekonomi wanita di seluruh dunia. Wanita yang dapat mengakses peluang ekonomi akan sangat menguntungkan keluarga, komunitas, dan negaranya. Baik melalui penelitian, akses atau kepemimpinan, Women Will mencoba menjembatani kesenjangan dalam informasi dan pemberdayaan untuk membantu dalam bidang-bidang di mana wanita masih dikecualikan. Dunia digital merupakan alat bagi wanita untuk mencapai kesuksesan, dan instrumen kami untuk menciptakan dunia yang lebih setara melalui wanita, satu demi satu.

Untuk yang belum kenal dengan Womenwill boleh lah googling dan kepoin itu apa Womenwill. Bu Kanjeng yang sempat mengikuti kegiatannya setahun yang lalu hanya ingin berbagi tips yang didapat  selama pelatihan. Prinsipnya tips ini berguna banget untuknya. Khususnya sih untuk yang mau merintis usaha. Khusus untuk Bu kanjeng bisa sebagai ilmu persiapan pensiun yang punya passion di literasi dan kesehatan. Berharapnya secara otomatis kelak jadi wirausahawati dari produk yang disukai dan digeluti. Sarana melek IT dan memanfaatkan digital menjadi tumpukan harapan berkembangnya usaha yang dirintis.

Saat mengikuti kegiatan tersebut Bu Kanjeng sempat mencatat beberapa kiat yang bisa dijaikan acuan untuk sukses menjadi wirausahawati. Kiatnya ada 3. Yaitu, percaya pada diri sendiri, mau menjadi pembelajar yang baik, dan yang ketiga, berteman dengan teknologi. Keren kan! Baik. Bu Kanjeng siap menjelaskan satu persatu.

 

Percaya pada diri sendiri.

Kita harus yakin tuh bahwa kesuksesan  berasal dari upaya gigih yang kita lakukan. Kepercayaan diri akan membantu kita untuk dapat mencapai cita-cita dan kesuksesan yang kita idaman. Caranya bergaul lah dengan wirausaha lain. Manfaatnya bisa belajar, bekerjasama dan membangun kepercayaan diri masing-masing. Upaya berikutnya kita disarankan punya mentor yang akan mengawal kesuksesan kita. Cari mentor itu mudah koq bisa dari teman, keluarga atau orang lain yang akan mengajarkan baik secara online atau offline.

Mau menjadi pembelajar yang handal.

Setiap orang memiliki kesuksesan masing-masing dan proses untuk meraih kesuksesan adalah bagian dari pembelajaran. Oleh karena itu, orang yang sukses adalah pembelajar yang baik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengasah diri menjadi pembelajar yang baik:

·          Belajar kapan pun dan dimana pun

Media belajar yang dapat digunakan adalah buku, aplikasi berita-Google News, manfaatkan Google search, dan manfaatkan Youtube (Ted Talks, Merry Riana, Najwa Shihab dan kata kunci “How to/Belajar Bisnis”).

·         Ikuti pelatihan, seminar dan kursus

Saat mengikuti pelatihan, pelajari ilmu yang mendukung usaha dan praktekkan ilmu yang sudah dipelajari. Belajar secara online pun dapat dilakukan dan tidak memerlukan biaya.

·         Belajar dari siapapun dan apapun

Kita dapat belajar dari siapapun di sekitar kita, sebagai contoh adalah belajar dari tim kerja, belajar dari kegagalan untuk perbaikan, belajar dari orang lain yang sudah sukses dan belajar dari aplikasi belajar Primer.

Berteman dengan teknologi

Banyak anggapan kurang tepat yang dipikirkan oleh wirausaha wanita mengenai teknologi. Sebagai contoh adalah teknologi susah dipelajari, susah untuk digunakan, mengeluarkan biaya mahal, digunakan hanya untuk usaha besar, tidak penting untuk pengembangan usaha, dsb. Survey pun membuktikan bahwa perempuan di Indonesia sudah terkoneksi dengan baik namun tidak menggunakan potensi internet secara maksimal. Teknologi menjadi komponen yang penting dalam pengembangan usaha zaman sekarang karena teknologi memudahkan untuk penggunanya bekerja dari mana dan kapan saja, memudahkan komunikasi bisnis dengan tim dan pelanggan, meningkatkan penjualan dan pemasaran digital serta meningkatkan efektifitas kerja.

Berikut adalah kiat dalam pemanfaatan teknologi yang dapat segera diterapkan:

 

·         Penggunaan Gmail untuk komunikasi bisnis

Manfaat dari penggunaan Gmail adalah menjadikan bisnis lebih profesional, memudahkan komunikasi dengan tim dan pelanggan serta meningkatkan produktivitas kerja dimanapun dan kapan pun.  

·         Penggunaan Google Primer untuk belajar

Penggunaan Google Primer dapat memberirkan banyak manfaat, diantaranya adalah cara mudah untuk mempelajari keterampilan bisnis, belajar kapanpun dan dimanapun, dan belajar efektif dalam waktu singkat.

·         Manfaatkan media sosial untuk pemasaran

Media sosial dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Pemanfaatannya dapat dilakukan dengan cara membuat akun sosial media, membuat konten iklan yang menarik dan biasakan untuk berinteraksi dengan pelanggan maupun calon pembeli.

Tips yang diberikan pada pelatihan gratis ini sungguh bermanfaat buat Bu Kanjeng yang haus belajar dan ingin naik kelas. Setidaknya saya mendapat pencerahan dan melihat secara nyata banyak anak muda yang sukses dengan memanfaatkan teknologi dan membangun jiwa enterprenuer mereka.

Sungguh tidak ada yang sia-sia bila kita ingin belajar dan mengupgrade diri. Berharap Bu kanjeng  bisa sukses memanfaatkan teknologi maka kesempatan untuk membawa bekal pulang ke kampung akhirat akan lebih banyak. Semoga.

 

# Mendaur ulang tulisan setahun yang lalu

#Rindu belajar luring dari ahlinya

#Berbagi itu indah

# Salam Literasi

Comments

  1. Wah setuju banget ibu,. salah satunya untuk persiapan pensiun untuk terus berkarya,. usia boleh tua, semangat tetap muda. Mengajar, Kursus, seminar dan berteman dgn teknologi adalah langkah menuju kesuksesan

    ReplyDelete
  2. Aamiin YRA. Yuk berbagi kebaikan. Terima kasih sudah singgah

    ReplyDelete
  3. Wah, mantap Bu Kanjeng. Terus belajar dan belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah masih bisa berbagi Pak Naim. Semoga tetap istikamah

      Delete
  4. belajar sepanjang masa ya bu kanjeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bu, saat belajar semakin paham bahwa ilmu yang kita miliki masih sangat sedikit

      Delete
  5. belajar sepanjang masa ya bu kanjeng

    ReplyDelete
  6. Mntpp trims info n pnglmnnya bu Sri..hbttt

    ReplyDelete
  7. Semangat selalu, sehat selalu Bu Kanjeng

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Berusaha menisi Blog dengan tulisan yang mungkin bermanfaat

      Delete
  9. Belajar tak kenal batasan usia....sepanjang hayat ya bunda...mantab abis!

    ReplyDelete
  10. Belajar tak kenal batasan usia....sepanjang hayat ya bunda...mantab abis!

    ReplyDelete
  11. Naaaaah kan jelan nih blognya jadi keceeeh badai sama dgn info blog yg isinya keceh jg

    ReplyDelete
  12. Mantab...menarik sekali...benar adanya menulis tak pandang usia.... yg penting semangat dan slalu sehat... makasih bunda...

    ReplyDelete
  13. Keren bunda....bahasanya mrngalir dan enak dibaca...👍👍

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. tema evergreen jadi bisadidaur ulang.Terima kasih sudah singgah

      Delete
  15. Oc banget Bun.
    Bagi2 dong ilmunya!

    ReplyDelete
  16. Terima kasih. Bisa membaca tulisan hebat ini

    ReplyDelete
  17. luar biasa bu kanjeng,berwirausaha adalah pilihan yang tepat bisa sudah tidak aktif lagi di dunia ASN,untuk menjadi wirausahawan handal harus bersikap prestatif, selalu ingin maju di bidang yang dikuasai, belajar dimana saja dan kapan saja solusi yang tepat dimasa pandemi sekarang.
    terimaksih motivasinya bu kanjeng salam literasi

    ReplyDelete
  18. Mantap , semangat bdan berbagi ilmunya Bu Kanjeng👍👍maaf Bu kayaknya lebih enak dibaca tulisannya pake background putih yaa🙏🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

JADILAH PEREMPUAN HEBAT TANPA MELUPAKAN KODRAT