HIDUP DI ZAMAN DIGITAL



Sri Sugiastuti 

Dahi Bu Kanjeng berkerut saat berselancar di dumay. Bergesernya dari Base data ke Big data membuat orang yang hidup di zaman digital harus cerdas dalam banyak hal dan jangan terjebak dengan beritq Hoax.

Hidup di zaman digital membawa kita pada tatanan dunia yang penuh tantangan persaingan dan ketidakpastian.Tatanan dunia yang penuh tantangan, memiliki sifat dimensi struktur dan watak yang diperkirakan sangat berbeda dengan tantangan saat ini. Gejala dan fenomena yang menunjukkan ke arah perbedaan itu menjadi semakin jelas. 

Perbedaan sifat tantangan yang dimaksud terletak pada kerumitan sekaligus kesulitan pemecahannya sementara itu tantangan yang kita hadapi memiliki ciri multidimensional Oleh karena itu pendekatan dan pemecahannya harus juga menggunakan cara yang tidak linier atau konvensional serta melibatkan berbagai sumber dan kekuatan yang secara potensial dimiliki.

Struktur tantangan yang bersifat konvensional yang pernah kita hadapi pada waktu yang lalu tidak akan kita temui lagi pada masa yang akan datang ia muncul  berbarengan dengan proses timbulnya tantangan itu sendiri.  Dalam hal ini kemampuan mengantisipasi munculnya tantangan menjadi sangat menentukan arah dan keberhasilan pemecahannya.

Karakter dari tantangan juga berbeda dalam arti ia menjadi makin canggih dan makin sulit untuk dihadapi wataknya menjadi semakin keras akan tetapi lentur.

Untuk menghadapi tantangan yang memiliki watak yang demikian itu diperlukan kemampuan fleksibilitas kognitif afektif yang tinggi yang di tandai oleh ketelitian keorisinalitas pemikiran dan kesabaran serta ketajaman hati nurani dalam mencari alternatif pemecahan. Tantangan yang kita hadapi dapat bersumber dari inventarisasi pengaruh budaya asing, akan tetapi tidak jarang ia muncul sebagai akibat dari proses perkembangan dan penyadaran serta dinamika kehidupan 


Kenyataanya yang  paling sering terjadi  tantangan itu muncul sebagai akibat dari kombinasi keduanya..Tantangan itu muncul dalam berbagai bentuk dan dalam berbagai bidang yang dapat muncul dalam bidang sosial budaya ekonomi politik dan pertahanan keamanan. 

Ia juga dapat muncul dalam bentuk intervensi sebagai atau total pengaburan pengkristalan atau pengendapan dan lain-lain beberapa contoh konkret tantangan yang sekarang sudah sangat terasa gaungnya adalah tantangan merebut peluang makin berkembangnya era keterbukaan makin sempitnya dunia sebagai akibat perkembangan telekomunikasi dan informasi.dimana  makin dihargai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wahana utama untuk mencapai kesejahteraan lahir dan batin. 

Makin cepatnya perubahan tatanan politik yang sekarang ada dan makin berkembangnya sistem pertahanan keamanan,  di samping itu dalam era global ditandai oleh terjadinya transisi masyarakat agraris sederhana ke arah masyarakat industri maju yang berpenghasilan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia

Tantangan-tantangan ini semua tidak dapat kita atasi dengan jalan yang selama ini kita lakukan. barangkali pendekatan perencanaan pembangunan yang selama ini digunakan juga menjadi tidak relevan

Hmm, Bu Kanjeng menyimpulkan sudah saatnya menerima tantangan dengan senyuman.  Jangan stress jangan panik. Bagaimana mengubah tantangan jadi peluang yang bermanfaat untuk kebersamaan.

Comments

  1. Mantab....tulisannysa bun...kita dituntut mjd manusia2 handal dan bermoral di era digital

    ReplyDelete
  2. Bener bunda harus siapkan mental menghadapi tantangan global he he.
    Terutama memilah mana info yg benar dan hoax, penanman karakter kemandirian , religius dan sosial pada anak perlu diprioritaskan. Orangtua jg jangan ketinggalan zaman.
    Mantab ulasannya.

    ReplyDelete
  3. joos bunda, memang tantangan hrs diubah menjdi peluang 👍👍

    ReplyDelete
  4. Siap bunda,,, memanfaatkan perkembangan digital untuk berkreasi dan menciptakan peluang,,, menggunakannya dengan bijak supaya tidak terjerumus akan dampak negatif yang ditimbulkan...

    ReplyDelete
  5. Siap bunda,,, memanfaatkan perkembangan digital untuk berkreasi dan menciptakan peluang,,, menggunakannya dengan bijak supaya tidak terjerumus akan dampak negatif yang ditimbulkan...

    ReplyDelete
  6. Siap bunda,,, memanfaatkan perkembangan digital untuk berkreasi dan menciptakan peluang,,, menggunakannya dengan bijak supaya tidak terjerumus akan dampak negatif yang ditimbulkan...

    ReplyDelete
  7. Era digital ada tantangan juga peluang...

    ReplyDelete
  8. Hmm, Bu Kanjeng menyimpulkan sudah saatnya menerima tantangan dengan senyuman. Jangan stress jangan panik. Bagaimana mengubah tantangan jadi peluang yang bermanfaat untuk kebersamaan.

    Super. Setuju sekali

    ReplyDelete
  9. peluang ada dimana mana kalau kita mau belajar sepanjang hayat dan siap beradaptasi dengan perubahan. Teknologi ada untuk emmpermudah pekerjaan manusia, namun manusia yg tdk mau belajar teknologi baru akan tertinggal.

    ReplyDelete
  10. betul bunda, jgn panik dan galau....hadapi dgn menulis

    ReplyDelete
  11. Terbarkanlah senyuman di tengah tantangan hidup, raihlah kenikmatan dalam arus yang makin tak menentu. good job

    ReplyDelete
  12. Mantap Bunda...tulisan yang membangkitkan semangat.Kita sementara menghadapi tantangan dan banyak perubahan yang terjadi yang menantang kita menggunakan alat teknologi bagi yang gagap perlu belajar dengan senyum dan jangan stess....Hehehe Bunda...saya sudah mau struk...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

JADILAH PEREMPUAN HEBAT TANPA MELUPAKAN KODRAT