MUHAMMAD AL FATIH 1453


Sri Sugiastuti

Buku warna kuning berjudul Muhammad AlFatih 1453 ikut bersama Bu Kanjeng selama 10 hari ada di tas saku Bu kanjeng.  Buku ini lumayan lengkap, bermanfaat dan menginspirasi. Paling tidak dari kisah yang dibacadi buku tersebut lalu mengunjungi tempat-tempat bersejarah itu, jadi melengkapi perjalanan Bu Kanjeng ke bumi Ottoman.

Muhammad AlFatih disebut sebagai orang yang menaklukkan kota Penaklukan kota Konstantinopel di masa Kekhalifahan Turki Utsmani merupakan salah satu peristiwa bersejarah dalam perkembangan Islam. Penaklukan Konstantinopel ini dilakukan di masa sultan ke-7 dari Kerajaan Turki Utsmani, yakni Muhammad Al-Fatih atau dikenal dengan Mehmet II.

Turki Utsmani tercatat mengalami kejayaannya di bawah pimpinan Sultan Mehmet II yang dikenal dengan sebutan al-Fatih (sang penakluk). Sebab di masanya, pemerintahan Islam berhasil menguasai Konstantinopel, kota yang paling tak tertembus di dunia kala itu.

Sultan Mehmet II dilahirkan pada 30 Maret 1432 di Edirne. Ia adalah anak keempat Sultan Murad II. Sultan Muhammad Al-Fatih diangkat menjadi penguasa setelah kematian ayahnya. Ketika itu, usianya baru menginjak 22 tahun. Beliau memimpin Kerajaan Turki Utsmani pada masa kekuasaan pertama (Agustus 1444-September 1446) dan masa kekuasaan kedua (Februari 1451-Mei 1481). Di Masa kekuasaan keduanya inilah, Mehmet II menaklukkan Konstantinopel.

Kota Konstantin awalnya dikenal sebagai ibu kota Byzantium. Pada usia 1.000 tahun saat Konstantin Agung menjadikannya ibu kota Kekaisaran Romawi pada 330 M, kota itu dinamai Konstantinopel. Namun pada 1453, bangsa Turki di bawah kepemimpinan Sultan Mehmet II menguasai Konstantinopel dan menjadikannya ibu kota Kekaisaran Utsmani dengan namanya Istanbul.

Konstantinopel dipandang sebagai salah satu kota paling penting di dunia. Bahkan di masa Nabi Muhammad SAW, beliau pernah menyatakan kepada para sahabatnya bahwa Konstantinopel akan ditaklukkan oleh kaum Muslim.

Begitulah sepenggalkisah perjalanan Bu Kanjeng yang ditemani sebuah buku yang sangat relevan dalam berwisata sejarah sekaligus mengenang kejayaan Islam di zaman Utsmani

 

#Day25AISEIWriting Challenge

 

 


 

Comments

  1. Wah bunda banyak ilmu yang saya dapatkan dari Bunda. Terus berkarya ya bunda.

    ReplyDelete
  2. Wah jd nambah lg wawasan sejarah kita yg ketika di SMP dulu ga asyik itu, tp dg nuansa traveling Bu Kanjeng jd asyiik nih..

    ReplyDelete
  3. Perjalanan yang luar biasa
    Bunda bener2 kaya pengalaman...

    ReplyDelete
  4. Mimpi saya juga nanti bisa berkunjung ke ottoma

    ReplyDelete
  5. Serasa baca buku sejarah tetapi ringan.

    ReplyDelete
  6. wah menginspirasi bu, saya belum sempat nulis juga ini untuk AISEI, jadi mengingatkan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

JADILAH PEREMPUAN HEBAT TANPA MELUPAKAN KODRAT