Turkish Delight Yummy



SRI SUGIASTUTI 

Tidak afdol rasanya bila berwisata pulang tidak bawa oleh-oleh atau berbagi kisah tentang makanan yang dijumpai saat traveling. Begitu juga dengan Bu Kanjeng yang ingin berbagi kisah aneka camilan khas Turki.

Berada di antara dua benua Asia dan Eropa membuat sajian khas Turki memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh negara lain. Sementara orang hanya mengenal kebab khas  Turki  saja yang populer. Padahal banyak sekali  aneka dessert khas negara dengan ibu kota Ankara ini juga tak kalah lezatnya.

Ketika traveling ke Turki full 10 hari tiap malam tidur di hotel, siang di jalan dan di tempat wisata plus makan siang membuat selera dan lidah Bu Kanjeng pun berpetualang. 

Aneka jenis makanan penutup di Turki hampir rata-rata ada perpaduan rasa  creamy dengan aroma rempah, serta kacang-kacangan yang selalu hadir dalam kudapan Timur Tengah, menghasilkan cita rasa unik yang sayang untuk dilewatkan.

Karena hampir tiap sarapan dan makan malam.di hotel. Bu Kanjeng  akhirnya kepo dengan menu penutup atau dessert manis khas Turki. Bu Kanjeng akan mulai dari

1. Dondurma.dikenal pula sebagai Turkish ice cream, dondurma memiliki tekstur yang sangat liat dan lengket serta tak mudah meleleh. Tekstur lengket tersebut didapatkan dari campuran susu domba, krim, getah tanaman damar, dan salep yaitu sejenis tepung dari tumbuhan anggrek

2. Aşure ini dikenal pula dengan sebutan Noah's pudding, sajian bertekstur lembut dan creamy ini terbuat dari tepung gandum yang direbus bersama kacang-kacangan, buah kering, gula, dan parutan kulit lemon hingga mengental seperti bubur. Lalu, puding yang telah matang akan disajikan bersama kacang pistachio dan buah delima untuk memberikan sensasi segar.

3. Tavukgogsu kalau  ini merupakan sajian unik khas Turki yang terbuat dari bahan tak biasa. Bagaimana tidak, kudapan bertekstur lembut seperti puding ini dibuat dari campuran dada ayam yang direbus hingga hancur bersama susu, nasi, gula, dan vanilla essence nan harum. Disajikan bersama taburan kacang pistachio dan bubuk kayu manis, rasa puding ini begitu lembut, manis, dan tidak terasa seperti puding daging ayam.

Tiga menu itu selalu tersaji. Sedangkan aneka delight lain lagi kisahnya. Aneka manisan, dodol khas Turki yang rasanya super manis besok ya kisahnya.

#Days15AISEIWritingChallenge 


Comments

  1. Wow kudapannya asing bagi lidah Indonesia jd prngen nyicip

    ReplyDelete
  2. Budaya oleh-oleh konon milik orang Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Luar biasa bu.. Jd mengingatkan pernah jg ksana ziarah ke Sumur air nabi Ayyub dan tempat beliau diungsikan..
    Sukses selalu bun..

    ReplyDelete
  4. Wah ngebayangin makanan2 itu jd penasaran kyk gmn gituh...

    ReplyDelete
  5. Mau nyicip, nanti kalau ke sana lagi oleh2in ya bund..

    ReplyDelete
  6. MasyaAlloh..... jadi kepingin nyicip dan ikut jalan-jalannya juga, Bunda😍😍😍

    ReplyDelete
  7. Jujur , baru denger nama makanannya nih bu kanjeng....kayaknya enak..tuh. terima kasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
  8. Bisa bikin menu baru dari kisahnya bu Kanjeng.

    ReplyDelete
  9. Mantap, jadi ingin nyicip Bun ... Kudapan mana itu?

    ReplyDelete
  10. Nama2nya bikin keseleo lidah..gimana klo nyicipin yaa😁

    ReplyDelete
  11. Nama2 nya unik ya Bu Kanjengg agak susah disebut tapi ya hehehhe

    ReplyDelete
  12. Tulisan legit ini membuat saya merasa sedang berada di Turki, menikmati aneka hidangan khas sana .

    ReplyDelete
  13. Waw jd pnasaran rasanya bund.. Kpn ya bs ksna. ..👍

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

JADILAH PEREMPUAN HEBAT TANPA MELUPAKAN KODRAT