MOTIVASI DIRI SAAT PANDEMI (14,)



Oleh: Sri  Sugiastuti  

Salam. Sahabat yang dimuliakan Allah,  apa kabar? Semoga Allah selalu memberi kemudahan kepada kita dalam menggapai Rida-Nya. Begitu cara Bu Kanjeng menyapa sahabatnya di komunitas Literasi yang diikuti.

Ia pun mulai memoles tulisannya yang lama. Saat ia belajar menulis 10 tahun yang lalu. Tulisan bertema motivasi ini memang tak lekang dimakan zaman.

Dalam rangka Work from home ada yang ingin disampaikan walau hanya satu ayat.  Alasan Work from home itu karena  Covid19 sudah berhasil mengubah manusia lebih menghargai makhluk ciptaan Allah yang maha kuasa.

Sebenarnya yang ingin disampaikan Bu Kanjeng ini sengaja untuk mengingatkan dirinya sendiri. Ia mengutip  Firman Allah yang  tertulis;

. “Dan diantara ayat-ayat-Nya adalah diciptakan-Nya untukmu istri-istri dari jenismu sendiri agar kamu merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS Ar-Ruum:21).


Ini ayat popular yang sering ditemukan di selembar undangan perkawinan. Diantara pempelai dijadikan-Nya rasa cinta dan kasih sayang. Ini jadi modal untuk membina keluarga. Nah menurut Bu Kanjeng, langgeng tidaknya suatu perkawinan tergantung pasangan itu sendiri dalam merawatnya. Caranya? Pasangan itu harus berusaha menjaga komitmen mereka agar perkawinan itu dalam suasana  adem ayem, sakinah mawadah warohmah.

 Sudah selayaknya kita sadari bahwa, cinta adalah anugerah yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya. Hal ini disebut cinta yang hakiki atau cinta sejati. Allah-lah pemilik cinta, Allah-lah yang menjadikan cinta antara suami-istri.

Bu Kanjeng yang merawat mahligai  keluarganya,  selama 33 tahun . Ia ingin perkawinannya langgeng dan saling mengasihi sampai akhir hayat. Hasil mengaji dan duduk manis di taklim dirangkum oleh Bu Kanjeng. Ia berharap bisa menjadi lebih baik dan tulisannya bermanfaat untuk pembaca. Itu sebabnya ada beberapa bagaimana menjadikan keluarga sakinah mawadah warohmah. Tip ini khusus buat muslimah  dan judulnya jadi ; " Tips khusus agar disayang suami." Simaklah tips berikut ini;


 1. Berusaha sekuat tenaga untuk mentaati dan menjalankan perintah Allah serta menjauhi laranganNya. Yang artinya anda harus menjadi wanita yang solehah. Karena Harm bin Hayyan, seorang ulama di masa Khalifah Umar bin Khattab ra berkata, “Tiada seorang hamba yang mendekatkan dirinya kepada Allah SWT, melainkan Allah akan mendekatkan hati orang-orang mukmin kepadanya, dan istri yang senantiasa mendekatkan dirinya kepada Allah, maka Allah akan mendekatkan hati suaminya kepadanya sampai ia mendapatkan cintanya.” 


 2. Berbakti kepada suami. Sehingga memiliki peluang jadi penghuni
 surga.”Apabila seorang perempuan menunaikan shalat, puasa, memelihara kemaluannya dan berbakti, mentaati suaminya, dia akan masuk syurga.” (HR al-Bazzar). Istri q ini memiliki nilai yang tinggi di mata suaminya dan akan selalu dicintai suaminya. 


 3. Sederhana.Tidak banyak menuntut, menerima dengan rasa syukur betapapun sedikitnya pemberian suami, dan tidak berlebihan dalam membelanjakan nafkah yang diberikan suami. Bila Anda sanggup selalu bersikap seperti ini, cinta suami akan selalu tercurah untuk Anda.


 4. Kenali kecenderungan suami Anda. Apakah ia menyukai penampilan yang wah atau yang sederhana? Kemudian setiap bersamanya, sesuaikan penampilan Anda dengan kecenderungannya itu. “Sebaik-baik perempuan adalah yang menyenangkanmu bila engkau memandangnya, mentaatimu bila engkau perintahkan dan menjaga dirinya dan hartamu bila engkau tidak di rumah” (HR Thabrani).


 5. Berusahalah untuk tetap sabar dan menahan diri untuk tidak menyakiti hati suami Anda. “Tidaklah seorang perempuan menyakiti hati suaminya di dunia, melainkan bidadari calon istrinya (di akhirat) berkata, “Janganlah engkau sakiti dia, Allah membencimu. Sesungguhnya dia disisimu hanya sementara waktu, dan akan berpisah darimu untuk berkumpul dengan kami.” (HR Ahmad).


 6.Dampingilah suami anda dalam suka dan duka. Jangan berlakukan falsafah “Ada uang abang sayang, tak ada uang abang ditendang” Apapun keadaan yang dialami suami Anda, berusahalah menjadi pendampingnya yang setia. Disaat suka menjadi pengingat agar suami tidak terlena, disaat duka menjadi pelipur lara. 


 7.Jadi partner yang menyenangkan di kamar tidur. Banyak perempuan masih merasa malu untuk bersikap agresif meski kepada suaminya sendiri. Ini karena adanya anggapan bahwa perempuan yang agresif terkesan murahan dan tidak terhormat. Tentu saja anggapan ini tidak berlaku untuk seorang istri yang agresif kepada suaminya sendiri. Belajarlah cara dan teknik menyenangkan suami di tempat tidur dan Anda akan mendapati suami selalu melimpahkan cintanya untuk Anda! 

Itulah 7 tips spesial buat muslimah yang sedang diminta stay at home atau work from home demi terhindar dari pandemi Corona. Bu Kanjeng hanya berpesan; Selamat mencoba . Bila ke tujuh tips ini sudah anda coba tapi suami anda tetap tidak sayang pada anda, jangan putus asa. Mungkin Allah masih menguji anda.  Justru rasa tidak sayang suami anda bisa menjadi ladang ibadah anda.

Yakinlah kelak di kampung akherat anda akan bertemu bidadara yang disediakan  Allah untuk Anda.
Siapa dia? Tanya lah pada rumput yang bergoyang. 

#Duniamelawancorona
#,Yukdirumahaja
#Motivasialabukanjeng
#April2020

Bersambung




Comments

  1. Replies
    1. Keponakan saat jelang ke KUAuntuk melaksanakan ijab kabul

      Delete
  2. Kesabaran itu tdk mudah tapi akan indah pada saatnya

    ReplyDelete
  3. “Tidaklah seorang perempuan menyakiti hati suaminya di dunia, melainkan bidadari calon istrinya (di akhirat) berkata, “Janganlah engkau sakiti dia, Allah membencimu. Sesungguhnya dia disisimu hanya sementara waktu, dan akan berpisah darimu untuk berkumpul dengan kami.” (HR Ahmad).


    Bikin cemburu aja ya buuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Ria adik sepupu mas Cahyo. Kalau mbanya mas Cahyo hidup usianya sama Lahirnya tahun 1992. Baru menikah kmrn thl 04042020

      Delete
  4. Terimakasih bunda ilmunya. Sangat berharga. 7 tips ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada tips tambahan untuk yang long distance relation ship

      Delete
  5. Alhamdulillah... terimakasih 'sarapan pagi' ini...luar biasa Bunda....👍

    ReplyDelete
  6. Subhanallah...keren bunda...jazakillah...

    ReplyDelete
  7. luar biasa hasil MT nya...memang ada bidadara Bund? semoga kelak di akhirat kita mendapatkan bidadara...aamiin yra

    ReplyDelete
  8. Luar biasa Bun. Semoga terus langgeng...

    ReplyDelete
  9. Tulisannya sangat inspiratif. Salam bahagia bu..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

AWAS PENIPUAN ONLINE SAAT PANDEMI (30)