17 HAL PENTING SAAT HIDUP DI TENGAH COVID -!9 ( 32 )





Sri Sugiastuti

Bu Kanjeng dengan kaca mata 5 dimensinya kembali menyimak warta yang beredar di dunia maya dan perlu direnungkan. Info dari mana pun harus dicerna dulu, tidak boleh asal telan itu berbahaya.

Seperti yang dibaca kemarin bersumber dari
https://theazb.com/we-will-live-with-covid19-for-months-lets-not-deny-it-or-panic-dr-faheem-younus/  Ada hal-hal yg berguna dan gamblang dari kepala klinik  penyakit menular, Universitas Maryland USA:

1. Bisa jadi kita hidup dengan C19 untuk beberapa bulan atau tahun. Sebaiknya kita bersikap tidak menolak atau panik. Ayo jangan bikin hidup kita menjadi tidak bermanfaat. Segera belajar untuk menerima kenyataan ini. Hal ini suatu ajakkan untuk Bu Kanjeng dan keluarganya tetap hepi menghadapi Covid-19.

2. Kamu tidak akan bisa menghancurkan virus C19 yang bisa berpenetrasi ke dinding sel, minumlah air panas sebanyak-banyaknya, paling-paling kamu hanya akan lebih sering ke kamar mandi. Jadi kebiasaan minum air hangat harus dibiasakan agar si virus hengkang dari tubuh kita.

3. Cuci tangan dan menjaga jarak fisik 2 meter  itu metode terbaik untuk menjagamu. Nah, ini harus jadi budaya baru untuk menjaga kebersihan dan jangan terlalu dekat dengan orang asing.

4. Jika dirumahmu tidak ada yg terpapar C19, tidak perlu memakai disinfektan  pada di rumahmu. Ini untuk penghematan dan tangan yang sering kena disinfektan juga tidak baik untuk kesehatan.

5. Paket kargo, mengisi BBM, kereta belanja  dan ATM tidak menyebabkan penularan. Cuci tanganmu dan hidup seperti biasa. Jadi apa yang diberikan sebelumnya terlalu berlebihan.

6. Covid-19 bukan menular dari makanan. Penyebaran terjadi melalui droplet seperti flu. Belum ada resiko penularan dari pemesanan makanan. So jangan khawatir dengan makanan yang dipesan selama si pembawa makanan itu bukan carrier pembaws virus.

7. Waspadalah saat Kamu bisa kehilangan indra penciuman karena banyak alergi dan infeksi virus. Ini merupakan gejala spesifik dari C19.Jadi ikuti protokol ysng ada untuk pencegahannya.

8. Setelah bepergian. Begitu tiba di rumah,  kamu perlu mengganti baju dan  harus segera mandi! Kebersihan adalah yg terbaik. Ingat ketakutan tidak menyelesaikan masalah.

9. C19 tidak hidup di udara. Ini infeksi dan menular lewat droplet dan membutuhkan contact yg dekat untuk tertular. Pemahaman ini harus dijelaskan dan bisa mengetahui cara penularan dari virus ini.

10. Di udara yg bersih, kamu dapat berjalan menyusuri kebun/taman (tetap menjaga jarak). Jangan khawatir masih bisa menghirup udara segar denga tetap menjaga jarak.

11. Cukup menggunakan sabun biasa untuk mencegah C19, tidak perlu sabun antiseptik. Ini merupakan virus bukan bakteri. Nah bisa bedakan cara mencegah atau mematikan virus dan bakteri.

12. Kamu tidak perlu takut jika memesan makanan. Tapi kamu dapat memanaskan lagi di microwave jika kamu mau. Intinya tidak perlu takut tertular dari makanan.

13. Kemungkinan C19 terbawa ke rumah pada sepatu, maka jemurlah di bawah sinar 2x sehari. Perlu jemur sepatu ya. Menjaga bila virus bersembunyi di sepatu. Virus itu takutnya sama panas.

14. Kamu tidak bisa mencegah tertular dengan cara meminum cairan asam, jus manis, dan jahe, karena hal tsb hanya untuk meningkatkan imun tubuh. Jadi banyaknya penawaran aneka minuman yang konon untuk mencegah tidak selalu benar.

15. Menggunakan masker untuk waktu yang lama dapat mengganggu pernapasan . Gunakan hanya di keramaian. Setiap10 menit dibuka bils tempat sepi atau jauh dari kerumunan.

16. Menggunakan sarung tangan merupakan ide yg buruk, virus akan berakumulasi ke dalam sarung tangan dan akan lebih mudah bertransmisi jika kamu memegang muka dengan tangan. Lebih baik mencuci tangan secara rutin.

17. Imunitas akan mudah melemah jika selalu bertahan di lingkungan yg steril. Walaupun jika kamu memakan makanan untuk meningkatkan imun, dimohon pergi ke luar rumah secara teratur ke beberapa taman atau pantai.
Imunitas meningkat jika terpapar patogen, tidak dengan duduk diam di rumah dan konsumsi gorengan/pedas/makanan manis dan soda.

Demikianlah 17 hal yang berhubungan dengan Covid-19 dan upaya terhindar dari virus tersebut.
Bu Kanjeng masih punya satu tameng agar terhindar dari wabah ada di SQ At-Taqabun. Tiap hari dibaca dan diyakini bisa terhindar dari wabah tersebut.

Ya, semua ikhtiar harus dilakukan agar terhindar, ini juga bagian dari belajar hidup tenang walaupun ada Covid-19.

#Duniamelawancorona
#Soloraya25052020
#Catatanharianbukanjeng
#17halyangharusdiwaspadai

Comments

  1. Terima kasih pencerahan nya bunda.

    ReplyDelete
  2. Sangat mengedukasi bu...terima kasih banyak utk pesan yg sangat bermanfaat buat kami n jadi amal kebaikan Aamiinn๐Ÿ™Œ๐Ÿ™Œ
    ...mohon izin copas ya...๐Ÿ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari bapak saling berbagi dan mengingatkan bagaimana kita harus bersikap dan menjaga kesehatan kita

      Delete
  3. Replies
    1. Membaca dan menuliskan kembali
      Banyak info penting terlewatkan tanpa bisa kita amalkan

      Delete
  4. Terimakasih bu. Tips yang sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

JADILAH PEREMPUAN HEBAT TANPA MELUPAKAN KODRAT