KIAT MENULIS KREATIF ALA NASRULLAH KOMPASIANA




Tiada  yang serba kebetulan di dunia. Itu yang sangat diyakini Bu Kanjeng.  Ya sebagai orang yang beriman  harus yakin akan campur tangan-Nya. Begitu juga kehadiran Bu Kanjeng  di Gedung Guru  Jakarta tanggal 24 Desember 2018. Rencana indah itu terwujud dalam rangka mengupgrade diri sekaligus reuni tipis-tipis  dengan narsumnya.

Kesempatan kali ini Bu Kanjeng dapat asupan otak berupa kiat menulis kreatif ala Nasrulloh Kompasiana. Anak muda keturunan Betawi Tiongkok ini berbagi ilmu tentang bagaimana mengolah tulisan lebih hidup atau kreatif.

Ada banyak hal yang melatarbelakanginya untuk bisa berbagi, mengatur  strategi,  dan motivasi.  Itu salah satu bagian dari proses menuju kreatif. Seperti adanya rasa ingin berbagi apa yang ada dalam pikiran, lalu  mempublikasi, sehingga ada eksistensi bahwa kita itu ada. Ya ada. Melalui tulisan untuk menolong, dokumentasi, menambah ilmu dan  bisnis. Bisnis yang menghasilkan 17 juta sebulan dari tulisan. Itu bukan nominal yang kecil Lebih dari cukup menurut Bu Kanjeng.

Menjadi penulis yang kreatif itu perlu skill, pandai membuat berbagai kemasan artikel. Sehingga banyak dicari orang karena diperlukan untuk berbagai kebutuhan. Nah ilmu yang dicari Bu Kanjeng sebagai penulis pemula.

Menulis artikel khususnya di blog, harus bisa mengenali jenis tulisan seperti tulisan Naratif yang bisa ditandai atau dimulai sesuai urutan waktu, Deskriptif bagaimana menggambarkan secara detail sesuatu peristiwa atau keadaan, Ekpolatif, pandainya menjabarkan ada hal yang baru dijalani, dan Propokatif yang mengajak pembaca ke sesuatu tujuan atau arahan penulis. begitu juga dengan Argumentasi yang memberikan alasan tertentu.

Bu Kanjeng terpana ketika disampaikan beberapa pertanyaan. Apa itu menulis kreatif? Ini sebuah proses menulis yang dijabarkan dari hasil yang didapat. Gampang atau susahkah menulis kreatif itu? Tergantung bagaimana memaknainya . Mengapa susah? Alasan klasik biasanya sibuk, tidak  punya ide, atau bingung memulai ke teknis. Bagaimana membuat judul  yang dilanjut ke prolog?

Inilah kiat  menulis kreatif dan solusinya
 1 Tentukan topiknya.  Topik yang disukai, dan  dikuasai tentunya. Tulislah  yang ada di benak anda.

 2.Membuat lead, atau pembuka yang menarik. Ini hal penting. Sebagai penentu apakah pembaca mau melanjutkan atau tidak. Cara membuat lead yang menarik. siapa, tempat, waktu, buat dialog, atau buat pernyataan.
Misal tidak setuju dengan A. Bisa juga dengan konflik, bisa juga dengan aksi. Apa yang terjadi dan menggambarkan isi. So what selanjutnya apa? Ya. harus ada solusi melalui ide-ide yang dimiliki. Ciptakan lead yang bikin penasaran orang.

3. Paparkan data dan fakta agar mudah dipahami, lalu buat kemasan yang visual.

4.Bandingkan isue dan peristiwa. Dengan membandingkan pembaca semakin penasaran dan paham.

5.Ceritakan pengalaman.Tiap orang punya cara menuturkan dengan cara berbeda. Gunakan gaya bahasa sendiri.Tulis apa yang dibutuhkan orang. Berbagi hal baru, berbagi tips dan rekomendasi.

6.Kemukakan ide gagasan untuk mendapatkan kreativitas.

7. Harus ada solusi, ada yang bermanfaat, dan bagaimana cara menghadapi orang yang galau.

8.Temukan judul yang punya keunikan tersendiri. Unik, menggeliti, atraktif, singkat.
Bagaimana keren ya! Bu Kanjeng merefresh lagi biar ngga lemot.

Dalam paparannya Mas Nasrulloh juga menyampaikan ada larangan khusus yang saat menulis. Yuk disimak.

4 Hal larangan untuk  dilakukan ketika menulis

1. Membuat judul
2. Menulis dan edit di kepala
3. Membaca berulang kali
4.Terpaku pada penulis favorit.atau buku yang pernah dibaca.

Bu Kanjeng bisa menyimpulkan . Intinya tulis sampai tuntas. Sampaikan informasi agar dimengerti pembaca. Gunakan imajinasi dan editing.
Selamat menulis

#Semangatberbagiilmu
#Duniamelawancovid19
#Menghimpunartikeltercecer
#Soloraya16mei2020

Comments

  1. Terima kasih ilmunya bunda, jadi perlahan-lahan saya akan memperbaiki tulisan sesuai ulasan bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah hanya sedikit berbagi dari secuil ilmu yang saya dapat

      Delete
  2. T o p buuuuu ilmu nya
    Terima kasih...👍

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Sama sama Bu Milla. Komitmen tiap hari harus ngeblog nih

      Delete
  4. berbagi tips itu indah, mencoba tips itulah yang sulit, kenapa? karena siapa di antara pembaca yang segera memulai? ha ha... salam literasi

    ReplyDelete
  5. Jadi menulis tanpa membuat judul dl ya bund sippp termotivasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah kata si Narsum yg dari menulis dpt fee 17 juta tiap bulan

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

AWAS PENIPUAN ONLINE SAAT PANDEMI (30)