BETAPA MUDAHNYA MEMBUAT BUKU


Sri Sugiastuti

“Loh kok Bu Kanjeng membuat judul PHP gitu sih?” Pertanyaan penulis pemula pasti akan muncul seperti itu. Padahal Bu Kanjeng memang ingin menyampaikan testimoni atau menyampaikan bukti nyata dengan alasan yang tepat. Jadi jangan mencibir atau tidak percaya dengan judul tulisan ini ya.

Maksud Bu Kanjeng tulisan ini bisa jadi asupan lezat para penulis pemula yang biasanya terlalu banyak alasan dan tidak percaya dengan potensi diri yang mereka miliki. Bu Kanjeng langsung mau menyampaikan berdasarkan bukti yang ada di tangannya dan sudah diamati, diterawang, dibaca dan diraba.(Hmm, itu sih kalau mendeteksi uang palsu)

Kali ini ada contoh buku yang bisa memotivasi penulis pemula agar percaya diri dan bersungguh-sungguh  membuat buku. Syaratnya asal niat dan rajin membaca pasti tulisannya akan menjadi buku. Awali saja dari yang disuka dan dikuasai. Senang menulis puisi, ya menulis dan membaca berbagai karya puisi. Senang corat coret dan membaca cerpen, silakan dicoba. Menulis kisah nyata di buku harian, itu juga bisa jadi ide yang menarik untuk dijadikn buku.

Bu Kanjeng ingin membuktikan betapa mudahnya membuat buku ketika ia mendapatkan hadiah buku dari salah satu peserta yang mengikuti Wisata literasi Edu bersama Pak Jihan Wahyudi salah satu penulis hebat teman Bu Kanjeng. Saat itu Bu Kanjeng diminta mengisi untuk memberi motivasi kepada peserta yang berwisata sekaligus belajar menulis. Di sesi akhir ada peserta yang memberi buku ini sebagai hadiah. Bu Kanjeng sangat bahagia dan mengapresiaasi buku yang diberikan peserta tersebut.

Setelah menerima buku tersebut dan membacanya, Bu Kanjeng meyakini bahwa buku ini sangat bagus untuk contoh bagi penulis pemula yang banyak alasan hingga karyanya berupa buku tidak kunjung muncul.

 Buku ini sangat menginspirasi untuk penulis pemula.

Judul Buku                          : Surat Berwarna Antologi Cerpen (4 GURU INDONESIA)

Penulis                               : Ana Diana Farrah Dini, Nur Syamsiah, Heri Sisworo, dan Rachamn Firdaus

Penerbit                              : Praktik Mandiri ( Kelompok Penerbit Majas )

Cetakan Pertama             : Desember 2017

ISBN                                      : 978-602-50697-2-7

Tebal Buku                          : 56 halaman

Buku ini terdiri dari empat cerpen yang ditulis oleh empat orang guru muda. Keempat cerpen ini bagaikan surat-surat yang berwarna-warni refleksi dari kisah pengalaman mereka sebagai guru dengan berbagai suka dukanya. Walaupun buku ini merupakan kumpulan cerpen tapi isinya adalah fakta.

Yang menarik dari buku ini sebagai sinopsis yang ada di cover belakang berupa pernyataan yang membahas tentang cerpen. Cerpen adalah dunia fiktif, namun sebagai dunia karangan pun tidak akan pernah ada tanpa kenyataan faktual apalagi dunia ide dan pemikiran serta pengalaman batin. Ini lah menariknya buku ini. Bagaikan surat-surat yang berwarna warni pengalaman guru dalam keseharianmendidik murid-murid, pengalaman pribadi sebagai manusia, dan pengalaman bersama orang lain di luar dunia pendidikan dan apa saja.

Jadi pesan Bu Kanjeng tidak ada alasan lagi bila mengatakan menulis buku itu sulit. Yuk, menulis jadikan tulisan ini sebagai inspirasi bahwa anda bisa menulis dan membuat buku. Yes semangat menulis.

 

 


Comments

  1. Terima kasih selalu memberikan semangat menulis dan menerbitkan buku
    Penamrbams.id

    ReplyDelete
  2. Terimakasih bu kanjeng inspirasinya ..

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Cakep dong, sambil nunggu buku terbit ajak deh teman nubar. Nulis bareng

      Delete
  4. Wah bu Kanjeng,kalo begitu kita bisa juga dong buat buku antologi cerpen?

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, Terimakasih banyak telah memberikan semangat membara untuk menulis, terus lah berkarya dan berkarya agar karya kita bisa bermanfaat bagi orang lain, teruslah menerbar pesona literasi agar seluruh guru Indonesia dapat tertarik untuk menulis dan menulis setiap hari Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Trims bunda...maaf ini baru bs kebaca...sedih jk signal tak bersahabat

    ReplyDelete
  7. Siap bunda.. semoga saya juga bisa seperti itu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Bu, ajak teman yang punya passion yg sama untuk buat buku

      Delete
  8. Luar biasa Bu kanjeng motivator hebat. Alhamdulilah sy dipertemukan org2 hebat Om Jay, Bu kanjeng dan para narsum hebat. Trima kasih

    ReplyDelete
  9. Semangat ibu memang luar biasa, dan tak pernah henti untuk berbagi

    ReplyDelete
  10. Terima kasih bu Kanjeng untuk motivasinya.

    ReplyDelete
  11. Luar biasa ibu,, memotivasi untuk tetap semangat menulis setiap hati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Sahat tularkan juga ya virus Literasinya ke teman sejawat

      Delete
  12. akhirnyaaaaa bisa juga komen hehehehee, siaaaap bu kanjeng, saya tidak di php, akan terus belajar, mohon bimbingan dan arahannya bu.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih motivasinya bunda, semoga kami bisa berkarya

    ReplyDelete
  14. Buku adalah bukti karya seseorang
    Pengin bun...
    Tp masih bingung

    ReplyDelete
  15. Waah Bu guru memang luar biasa. Kita yang muda jadi iri nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

JADILAH PEREMPUAN HEBAT TANPA MELUPAKAN KODRAT