SOJATE BUMBU LADA HITAM


SOJATE BUMBU LADA HITAM

Oleh:Sri Sugiastuti 

Belanja keperluan dapur dan kawan-kawannya harus punya strategi. Jangan sampai menyimpan bahan makanan terlalu lama di dalam kulkas. Hal ini perlu diedukasi kepada emak-emak pintar yang hidup di zaman milenial.

Bu Kanjeng sebenarnya ingin mengingatkan dirinya sendiri. Ia sering lapar mata saat belanja di pasar maupun di tukang sayur. Akibatnya banyak bahan yang merana karena masuk tong  sampah tanpa sempat tersaji di meja makan.

Salah satu cara  untuk menghindari kebiasaannya yang kurang  baik. Bu Kanjeng saat ke pasar atau ke  tukang sayur membawa uang sesuai dengan apa yang diperlukan saat ini. Sedangkan bila belanja di toko kelontong biasanya ia sudah membeli pelengkapnya untuk keperluan 1 bulan. Sebagian yang dibeli kemaren adalah aneka bumbu praktis kemasan ekonomis. Contohnya  saus tiram, saus asam manis, dan saus lada hitam.

Kadang ketika belanja diantar anaknya, Sang anak memilih makanan kekinian seperti sosis isi keju yang dimasukkan ke keranjang belanjaan. Nah sampai di rumah baru 
masuk ke kulkas. Bu Kanjeng yang harus nyusun menu mau dimasak apa ya.

Bu Kanjeng punya waktu untuk masak ya di hari Sabtu dan Minggu dengan catatan bila tidak ada acara keluar rumah atau duduk manis mengikuti webinar. 

Nah tadi pagi Bu Kanjeng buka kulkas
Ternyata banyak bahan yang bisa diekseskusi  sementara 2 jagoannya sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Pak Kanjeng di kebun dan si yunior melayout naskah buku.

Bu Kanjeng melirik jam dinding. Ia hanya punya waktu tersisa 20 menit. Segera diambil 1 sosis keju Kanzler. 3 butir telur ayam, jamur tiram dan daun bawang. Bumbu yang disediakan 2 siung bawang putih, setengah siung bawang bombay, saus ladah hitam, dan saus sambal..1 sendok margarin untuk menumis.

Telur sudah diceplok, sosis dipotong miring, jamur disuwir, daun bawang dan bawang bombay pun diiris. Bawang putih digeprek. Siapkan wajan tuang margarin  dan Bu Kanjeng mulai menumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan jamur dan daun bawang dan sosis. Saus tomat sambal dan saus lada hitam dimasukkan di dalam wajan dengan api kecil beri air 100 ml, atau setengah gelas aduk hingga mendidih dan masukkan telur ceplok.  Bu Kanjeng memberi nama menu tersebut Sojate SOSIS JAMUR TELUR bumbu lada hitam.

Bu Kanjeng hanya butuh waktu 15 menit, masakan itu sudah tersaji di meja makan. Ia pun memanggil 2 jagoannya untuk sarapan bersama sebelum mereka mengerjakan pekerjaan mereka masing masing.

Ide cling terima pesanan masakan dI masa pensiun

Surakarta Hadiningrat 27 Februari 2021

Post a Comment

22 Comments

  1. Ha ha ha, singkatan juga ya. Siap dicoba.

    ReplyDelete
  2. Sojate, siap diinfokan ke Ibunya anak anak, agar bisa langsung di eksekusi

    ReplyDelete
  3. Waah boleh juga bund... Aq coba aah..kbetulan anak-abak juga suka sosis..

    ReplyDelete
  4. Kalau pesan ke Sumedang.. bisa langaung dimakan hari itu bu hahaha.. Terimakasih ide nya bu. Mau dicoba ya.

    ReplyDelete
  5. pengin sarapan bareng bunda Astut jadinya. hebat bunda.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih resep praktis jitoenya Bu Kanjeng. Rasanya yumyyyy

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, dapat menu baru
    Mau coba juga ๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  8. Ide jitu bunda profesi alih fungsi catering, pesen sampai Sragen msh hangat ya ha..ha. ha..๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

    ReplyDelete
  9. Sedap sekali...judulnya menarik Bu Kanjeng... Membuat pembaca penasaran...TOP BGT

    ReplyDelete