Motivasi: Jangan Lelah Berdoa


Motivasi Jangan Lelah Berdoa

Oleh: Sri Sugiastuti

"Ubah setiap kecemasan, ketakutan, dan perhatian menjadi doa. Anggap saja sebagai alasan lain untuk berada di sujud posisi di mana kamu paling dekat dengan Allah."

Acin yang jauh di mata tetapi dekat di dalam doa.

Ibu sudah berazam, apa yang ibu dapat dari tolabul Ilmi, ketika ibu duduk manis di taman surga ditemani para malaikat, ibu harus sampaikan kepadamu Nak. Ini salah satu bentuk kasih sayang ibu, sekaligus menjadi kewajiban. Kau adalah titipan Allah. Allah sudah berpesan agar ibu bisa menuntunmu di jalan yang lurus, agar Allah rida.

Kajian di Masjid Fatul Inayah diisi oleh Ustadz Kholis Miftah Izudin.
Kian hari  ibumu yang fakir ilmu ini bertambah paham. Ibu ingin memperbaiki sisa hidup yang ibu miliki dengan belajar, berbagi dan apa saja yang membuat Allah rida. Karena kalau Allah rida, kita bisa meraih sukses di dunia dan akhirat. Aamiin YRA 

Kata Pak Ustadz tugas manusia itu beribadah seperti yang tertulis di QS. Az-Zariyat; 56 “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku”. Ya, tugasnya beribadah dan menjadi Khalifah/Pemimpin.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT (QS. Al Baqarah: 30) "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa disebut sebagai khalifah di muka bumi, artinya manusia sebagai wakil atau pemimpin di bumi. Tentunya tugas ini sangat berat sehingga setiap manusia harus memiliki kemampuan mengelola alam semesta sesuai amanat yang diemban. Masing-masing kalian adalah pemimpin, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban tentang orang yang dipimpinnya. 

Untuk Menjaga keseimbangan di bumi ini. Kita di beri kesempatan, untuk mengembangkan diri, mengekplorasi untuk kemanfaatan di dunia tanpa melupakan tujuan manusia beribadah kepada Allah.Karena manusia adalah seorang hamba Allah tidak boleh sombong oleh prestasi, pencapaian, dan inovasinya karena masih ada Allah SWT yang maha agung dari segala-galanya tidak ada tandingannya.

Jangan sampai tujuan beribadah dilupakan, Allah sudah menyiapkan ganjaran sesuai amal dan perbuatannya. Surga bagi yang mengikuti seluruh perintah-Nya dan neraka bagi manusia yang tidak menjalankan larangan-Nya.

Acin..yang selalu ibu sayangi. Ibu pesan ya. Hiasi hati dan lisanmu dengan rasa syukur. Isi waktumu dengan kebaikan. 

Ada satu hal yang harus diingat yaitu apa yang dicontohkan Nabi.Dimana kita harus sandarkan semua kepada Allah lewat doa. Keyakinan meminta dengan doa. Bayangkan saat Nabi Ibrahim belum menikah ia sudah minta keturunan /anak yang saleh. Dalam QS As saffat 37: 100 "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.”  ini  salah satu bedanya nabi dengan manusia biasa. 

Acin...Pak Ustadz juga menyampaikan ada satu contoh bagaimana sepasang suami istri yang mendambakan keturunan tidak lelah berdoa dan ikhtiar. Mereka meyakini bahwa air hujan bisa menjadi perantara doanya dikabulkan. Mengapa? Karena ciptaan Allah yang paling halal itu, air hujan yang turun dari langit. Maka pasangan itu memanfaatkan air hujan. Membasahi ubun- ubunnya dengam air hujan. Jarak 6 bulan istrinya hamil. Namun, baru 3 bulan keguguran.  Ikhtiar dan doa diulang. Dan 1 tahun kemudian berhasil.  Berikutnya hamil lagi.

Sedangkan untuk ikhtiar doa  Pak Ustadz memberi contoh,  sabarnya Nabi Ibrahim. Ternyata di QS Al-Baqarah  129 . "Ya Tuhan kami, utuslah di tengah mereka seorang rasul dari kalangan mereka sendiri, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat-Mu dan mengajarkan Kitab dan Hikmah kepada mereka, dan menyucikan mereka. Sungguh, Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.”
Doa nabi Ibrahim dikabulkan setelah 2800 tahun ketika Nabi Muhammad diutus menjadi Rasul.

Acin...dari apa yang ibu kaji bisa disimpulkan bahwa kita diminta jangan lelah berdoa dan selalu berprasangka baik kepada  Allah. Allah bisa saja langsung mendengar doa kita dan dikabulkan. Mungkin juga doa kita yang ditunda. Bahkan Allah mungkin menilai kita tidak layak dengan doa yang kita minta kepada-Nya.

Surakarta Hadiningrat,  27 September 2023.

Post a Comment

22 Comments

  1. Mantabs Bu Kanjeng...sebuah pembelajaran hidup..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih share tulisan nya. Sehat selalu. Sukses selalu. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Kita tidak tau doa mana yang akan dikabulkan Tuhan, jadi jangan lelah mengulang ulang doa. Kata ustad adi hidayat begitu bun 😁🙏

    ReplyDelete
  4. Terima kasih Ibu, sudah berbagi cerita yang sangat menginspirasi. Tulisan yang sangat luar biasa tentunya memotivasi kami untuk terus semangat berkarya dalam literasi menulis. Amazing

    ReplyDelete
  5. 'ud unii istajib lakum, Kata Allah " berdolah kepadaKU(Allah), maka akan Aku (Allah) Kabulkan. maka yakinlah dan terus berdo'a, jangan lelah.... begitu mengesankan tulisan ibu yg satu ini...

    ReplyDelete
  6. Adukan semua masalah mu kepada sang pencipta yakinkan bahwa dengan mengadu semua keluh kesah mu pasti hati mu tenang, apapun respon sang Maha pencipta pasti itu terbaik untuk kita dari semua aduan2 yng kamu pajatka . pasrah dan ikhlas .

    ReplyDelete
  7. Inspiratif bu, mengingatkan kita untuk hanya bersandar penuh dan mengandalkan pada sang pencipta

    ReplyDelete
  8. sangat menginspirasi Bu..terima kasih

    ReplyDelete
  9. Masha Alloh ... Sangat menginspirasi...

    ReplyDelete
  10. Subhanallah... mengingatkan tujuan hidup kita. Semoga semakin meningkat keimanan dan ketakwaan kita. Aamiin ya rabbal 'aalamiin. Terima kasih Bu.

    ReplyDelete
  11. Aku bacanya seperti lagi dinasehati ibu sendiri. Terimakasih banyak bunda

    ReplyDelete
  12. Jika mas Kino panjang akal dengan sibuk menyapu membiarkan pohon kering yang membuat lingkungan tampak gersang. maka sudah benar jika sebaiknya melihat potensi lain sebagai aset positif yang bisa dikelola sembari "menunggu" bantuan

    ReplyDelete
  13. Terimakasih Bunda atas motivasinya. Teruslah berdoa, karena semua doa kita akan dijawab oleh Allah di waktu yang tepat. Teruslah berdoa, teruslah berusaha, teruslah berprasangka baik pada Allah. Yakinlah Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya

    ReplyDelete
  14. Sangat menginspirasi bun. Semoga saya pun bisa meniru jejak bunda yang tak lelah untuk selalu menulis dan menulis. Hingga tulisan kita bermanfaat untuk orang lain. Aamiin

    ReplyDelete
  15. Masyaallah kerren sekali Bu Kanjeng, tulisan yang sangat menginspirasi setiap pembacanya. Doa adalah inti dari ibadah maka jangan tinggalkan doa. Dengan berdoa kita telah memposisikan diri sebagai hamba yang tugasnya adalah beribadah. Terimakasih tausiyahnya Bu Kanjeng.

    ReplyDelete
  16. Masya Allah, terima kasih sangat menginspirasikan

    ReplyDelete