New Celosia dan Wahana Kekinian

New Celosia dan Wahana Kekinian
 
Oleh Sri Sugiastuti 

"Bunga selalu membuat orang lebih baik, lebih bahagia dan lebih membantu; mereka adalah sinar matahari, makanan dan obat bagi jiwa" 
(Luther Burbank).

Acin... yang jauh di mata dan dekat dalam doa.
Kau tempat ibu mencurahkan ide, gagasan,  harapan bahkan keresahan hati dari seorang ibu. Seorang lansia yang punya harapan hidupnya bermanfaat hingga akhir hayat. 

Kisah ini masih bagian dari agenda silahturahmi yang  terlaksana.  Menurut ibu ini bonusnya. Ya, bisa ngebolang ke Taman New Celosia,  Bandungan, Semarang  Jawa Tengah. Tepatnya bersebelahan dengan area Gedong Songo. Beberapa kali ke Bandungan memang ibu belum sempat ke sana. Kodratullah ternyata  Bu Dian juga sudah punya wacana kesana. Rute Ambarawa- Bandungan menyimpan banyak  kenangan untuk Bu Dian dan Pak Kun.  Ya sebagai guru SMP dengan label ASN dimana SK terlampir penempatan, disitu lah tempat tugas mengajarnya.


Taman Bunga New Celosia menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bandungan, Kabupaten Semarang. Ibumu sangat bersyukur bisa menikmati sepenggal pagi hingga menjelang siang di lokasi  tersebut. 

Sejak di perjalanan imajinasi ibu berkelana, betapa cemerlangnya para pebisnis yang menangkap peluang membuat taman sekaligus tempat wisata yang konsepnya sangat luar biasa. Berapa dana yang butuhkan untuk mewujudkan sebuah taman berupa wahana yang dipadu dengan pemandangan yang indah. Ibu dan Bu Dian bersyukur saat berada di sana suasana  tidak terlalu ramai.  Menikmati setiap sudut taman yang sangat indah ini, memanjakan mata dan memberikan kepuasan kepada pengunjung yang suka berselfie ria.

Pastinya lokasi wisata di lereng Gunung Ungaran itu ramai di musim liburan. Keberadaannya membuka peluang untuk pekerja yang sesuai dengan keahlian masing-masing. Dari mulai pemandu, penjaga loket tiket masuk, para penjual jasa membuat foto dengan beberapa spot yang memesona.
 

Tiket masuk ke Taman Bunga New Celosia di hari biasa hanya 25 ribu rupiah. Tetapi selama liburan sekolah yaitu 26 Juni sampai 16 Juli 2023 yaitu Rp 30 ribu. Itu sudah termasuk gratis spot foto di Dino Land, Rainbow Wisteria, Dynastylocia, Little Italy Flowing Hand, Jembatan Kaca, Sky Garden, Dermaga Putih, Flower Garden, Little Korea, Flying Balloon, Taper Tower, dan lainnya. Pasti seru ya.

Konon Wahana yang jadi favorit salah satunya rainbow slide. Pengunjung terlihat rela antre untuk meluncur dengan ban di landasan berwarna-warni. Tiketnya cukup 20 ribu saja. Sebenarnya ada diskon bila ibu atau Bu Dian ikut antre.  Niat itu diurungkan.

Kalau di wanana Lorong Tanpa Batas sudah termasuk bonus dari tiket awal yang sudah dibeli. Membaca namanya saja, ibu sudah membayangkan bila kesasar. Padahal wahana ini merupakan labirin kaca yang seru. Cukup dengan harga tiket Rp 10 ribu, pengunjung bisa menelusuri lorong berdinding kaca untuk mencari jalan keluar. Di Lorong Tanpa Batas ini juga bisa menemukan ruangan-ruangan unik dengan lampu-lampu bertema berbeda.

Acin... terbayang ya, bila ibumu lari kesana- kemari dan rela mengganggu orang yang belum dikenal untuk minta tolong supaya bisa memoto kami bertiga. Belum lagi saat ibu hunting mencari spot foto yang terbaik menurut ibu. Memang tempat ini sangat cocok buat yang berburu foto instagramable, banyak lokasi yang bisa digunakan. Bahkan ada persewaan baju ala Korea, Eropa, bahkan kostum 'princess'. Harga sewanya sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu.


Nah untuk yang sewa baju sesaat untuk diabadikan sempat ragu. Ya atau tidak. Oh tidak. Karena ibu punya obsesi  suatu saat nanti bisa ke Korea langsung  bukan hanya di ruangan yang dikonsep ala Korea. Padahal waktu ibu tanya ke petugas persewaan kostum di musim liburan persewaan sehari bisa 30 kostum disewa.  Terbayang larisnya.

Bila dimintai testimoni tentang taman New Celosia ini, jawaban ibu pasti wong keren dan sangat puas memanjakan mata dan pikiran saat berada di tempat ini. Taman yang sangat luas dengan konsep yang mendunia.

Bayangkan ibu bisa bertemu dengan dinosaurus juga bisa di destinasi wisata ini. Ada Dino Land yang menampilkan sejumlah robot dinosaurus yang bisa bergerak mulai dari Tyrannosaurus Rex, Brontosaurus, Raptor, dan lain sebagainya. Hal ini akan memperkaya daya imajinasi para pengunjung baik itu balita maupun lansia. 

Dunia wisata di Indonesia kian hari berkembang pesat. Siapa pun yang punya konsep, punya dana  dan punya tujuan yang baik dan membaca peluang bisnis yang ada. Mereka harus eksis tanpa merusak ekosistem yang ada. Semoga semakin banyak pilihan untuk bisa terus menggali keindahan alam Indonesia yang masih banyak peluangnya.

Tak terasa matahari bergerak sesuai takdirnya, sayup terdengar suara panggilan untuk menunaikan salat  dzuhur. Saatnya ibu harus segera melanjutkan rundown acara berikutnya. Kemana hayo...?

Surakarta Hadiningrat, 16 September 2023

Post a Comment

11 Comments

  1. Alhamdulillah bisa memanjakan mata bersama Bu Kanjeng. Sungguh nikmat dari-Nya yang tak terhingga. Semoga suatu saat bisa diulang lagi kebersamaan ini. Salam sehat dan bahagia

    ReplyDelete
  2. Catatan renyah dan gurih. Mantap Bu Kanjeng

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah. Senang Skali membaca tulisan Ibu Kanjeng.... trmksh Ibu...

    ReplyDelete
  4. Bagus Bunda Astuti...beberapa waktu lalu saya bersama teman-teman juga berkunjung ke Celosia, boleh ya pengalaman kesana akan saya tuiiskan juga.
    Terima kasih sudah memberikan ilmu yang banyak serta semangat inspirasinya untuk rajin menulis, salam hormat, salam literasi.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu saya bersama teman2 mampir kesitu setelah studi banding di salah satu sekolah penggerak di Semarang

    ReplyDelete
  6. Indah sekali. Destinasi yang memanjakan mata para pengunjung, ditambah tiket yang ekonomis. Menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi. Semoga bisa singgah kesana dan mengabadikan moment :)

    ReplyDelete
  7. Celosia. Idaman para kaum pecinta bunga. Seperti bunda Kanjeng yang selalu berbunga-bunga disetiap waktu menebarkan bau wangi disekelilingnya hingga siapapun yang membaca tulisannya akan tergerak dan termotivasi untuk mengikuti jejaknya.

    ReplyDelete
  8. Begitu mudahnya bercerita. Mengalir begitu saja. Menjadi goresan kata yang lugas dan sederhana. Sangat mudah dipahami dan enak bacanya. Keren Bunda. Sungguh menginspirasi. Semoga menular ilmunya ke diri saya. Aamiin.

    ReplyDelete