KELUARGA SAKINAH PERINDU JANNAH

 


Sri Sugiastuti


Kembali bu Kanjeng tadabbur buku. Hari ini buku yang ditadabburi adalah "Keluarga Sakinah Perindu Jannah. Suatu ikhtiar cinta sekeluarga agar semua masuk surga. Buku ini ditulis oleh Bachtiar Nasir dan M  Anwar Djaelani.

Bu Kanjeng akan berkisah sedikit tentang buku ini mengapa bisa sampai di tangannya. Ya buku ini bagian dari lanjutan silaturahmi. setelah Bu Kanjeng mendampingi Pak Anwar sebagai moderator saat belajar menulis bersama Omjay via daring. Bu Kanjeng ternyata  sangat tertarik dengan 5 buku yang sudah disajikan oleh Pak Anwar selaku narasumber.

 Beliau memang seorang penulis yang jeli dan tulisannya itu sangat bermakna. Beliau  memperhatikan rima juga gaya tulisan yang begitu enak dibaca, sarat makna dan nasihat-nasihat yang penuh dengan kebenaran karena sumbernya adalah dari Alquran dan as-sunnah.

 Buku ini tebalnya hampir 300 halaman tepatnya 290 halaman dengan warna hijau tosca cantik dan sangat menarik perhatian Bu Kanjeng.

 Ketika Bu Kanjeng membaca kata pengantar dari penulisnya, Bu Kanjeng sudah bisa menebak bahwa isi buku ini akan sangat bermanfaat untuk pembaca yang merindukan  keluarga sakinah mawaddah warahmah sekaligus yang ingin membawa keluarganya bisa masuk surga berjamaah.

Penulis dengan bahasa yang santun, sederhana, dan mudah dipahami dalam sebuah pengantarnya, mengajak para pembaca agar berikhtiar dengan mengingat Alquran dan hadis untuk menuju keluarga sakinah perindu Jannah. Ada tiga tujuan penulis yang disampaikan dalam kata pengantarnya pertama bagaimana agar dalam menempuh perjalanan hidup di dunia ini kita selalu berbekal Taqwa. Kedua agar dalam membina keluarga masing-masing mampu menjalankan perintah Allah yaitu memelihara diri dan keluarga dari ancaman api neraka. Sedangkan yang ketiga bagaimana kita berusaha membawa keluarga agar bisa pulang ke surga sebagaimana disebutkan dalam QS ar-ra'd surat ke 13 ayat 23.

Bu Kanjeng mulai menelusuri daftar isi dalam daftar isi tersebut ada 8 bagian dengan sub judul yang sangat menarik untuk bagian satu sub judulnya adalah visi bersama sekeluarga pulang ke surga. Sedangkan bagian kedua ada subjudul pulang kampung ke Jannah nan indah. Di bagian ketiga membangun dan merawat keluarga sakinah. Berikut di bagian yang keempat diberi judul perihal suami idaman sekaligus Ayah yang mencerahkan lanjut di bagian 5 ada tentang istri idaman dan Ibu yang menginspirasi bagian.

Keenam anak buah hati dan pelanjut perjuangan di bagian ketujuh kita akan dibantu, Bagaimana melangkah ke Jannah bersama keluarga. Sedangkan untuk bagian yang ke-8 ada subjudul masuk Jannah jangan sendirian di situ diceritakan, siapa saja yang masuk surga dari mulai 10 sahabat sesurga, ketika kita berbekal sebaik-baiknya bekal yaitu Taqwa.

Intinya bagaimana kita harus selalu berhati-hati hidup di dunia ini kemudian kita memang sudah disuruh untuk berbekal, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-ku Hai orang-orang yang berakal itu ada di surat al-baqarah surat yang ke-2 ayatnya 197.

 Masih tentang Taqwa ada di surat Ali Imran ayat 102 "Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepadanya dan jangan sekali-sekali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam".

 Ada subjudul "Jaga diri dan keluarga dari neraka." Ini  memang suatu tantangan yang tajam karena ada surat populer yang seringkali di dengarkan atau diingatkan oleh para Ustaz yaitu Surat At Thamrin surat ke 66 ayat ke-6 "Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang  bahan bakarnya adalah manusia dan batu. penjaganya malaikat-malaikat yang kasar keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan-nya"

Siapa tak ingin menjadi warga Surga siapa tak hendak menjadi penduduk Jannah tentu kita beserta keluarga sangat mengharapkannya. Agar keinginan itu terwujud kondisikan lah keluarga kita sebagai perindu jannah dalam keluarga sakinah yang akan selalu tercium aroma Baiti jannati Rumahku Surgaku.

 Dalam keluarga itu ada tiga pedoman yang selalu dijaga pertama menjadikan taqwa sebagai sebaik-baik bekal kedua memelihara diri dan keluarga dari siksa neraka ketika mengusahakan agar kelak bisa masuk surga sekeluarga. Bangunlah visi bersama sekeluarga pulang ke surga untuk itu tak mengapa lelah lelah di dunia sebab kelak di surga kita akan bebas dari segala kepayahan.

Sangat dianjurkan merancang keluarga dengan bercermin kepada wajah Sakinah keluarga Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan cara itu insya Allah akan terwujud keluarga Qurrota A'yun yang sakinah dan penuh berkah.  Qurrota a'yun yang sakinah dan penuh berkah.

Peran kepala keluarga suami bagi istri dan ayah bagi anak-anak sangatlah besar karena itu jadilah suami yang menyayangi dan memuliakan istri sebagai ayah berperanlah seperti Lukman. Saat mendidik anak dan saat yang sama istri harus bisa menjadi penyemangat dan pemberi inspirasi bagi suami dan anak-anaknya hal penting bagi anak untuk memosisikan diri dari batu uji menjadi Permata Hati.

 Ingatlah  masuk surga jangan sendirian. Bersama keluarga songsonglah saat-saat indah bertemu Allah di surga, bersama segenap insan yang berjiwa Mutmainnah. Nikmatilah saat-saat bahagia dalam sebuah reuni di Jannah.

Comments

  1. Semoga kita di golongkn hamba2Nya yg bertaqwa. Dan bisa smpi jannahNya beserta keluarga.
    Tetimakasih bunda..pencerahan hari ini..

    ReplyDelete
  2. Semoga kita di golongkn hamba2Nya yg bertaqwa. Dan bisa smpi jannahNya beserta keluarga.
    Tetimakasih bunda..pencerahan hari ini..

    ReplyDelete
  3. Tulisan bunda kanjeng menginspirasi kita semua, semoga kita tergolong hamba yang kelak masuk surga bersama

    ReplyDelete
  4. Terima kasih Bu Kanjeng share ilmunya

    ReplyDelete
  5. Buku yg sangat bagus untuk dibaca. Terima kasih sudah berbagi bunda kanjeng

    ReplyDelete
  6. Menginspirasi Bu.. jadi semangat lagi membangun mulai dari rumah

    ReplyDelete
  7. Luar biasa bunda....semoga jannah-Nya...akan kita rasakan kelak di akherat sana bersama keluarga tercinta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin YRA
      Mari berlomba dalam kebaikan bersama keluarga

      Delete
  8. Semoga kami bisa menjadi keluarga sakinah dan mendaoat jannah

    ReplyDelete
  9. Tadabbur buku yang memikat bu...semoga kita bs mengambil hikmah.

    ReplyDelete
  10. Inspiratif Bunda, semoga kami dapat mewujudkan keluarga berkonsep Jan ah.

    http://maseko1275.blogspot.com/2020/08/pembelajaranjarak-jauh-berbasis-life.html?m=1

    ReplyDelete
  11. Ulasan yang enak, lengkap dan menarik.

    ReplyDelete
  12. Semoga keluarga kita termasuk ke dalam keluarga perindu jannah.
    Sangat bagus resumenya bunda, informatif. Pesan penulis buku sudah sampai ke pembaca melalui pena Bu Kanjeng,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

JADILAH PEREMPUAN HEBAT TANPA MELUPAKAN KODRAT