KIAT MELEMBUTKAN HATI


Assalamualaikum wr wb

Sri Sugiastuti 

Bu Kanjeng terpana sesaat ketika mendapat kiriman vidio kejadian seorang Ulama ditusuk oleh orang yang menyerangnya secara tiba-tiba. Ada apa dengan di hati dan  pikiran pelaku tersebut?

Ada hati yang lembut dan ada hati yang keras. Di dalam Agama Islam urusan hati jadi ukuran keimanan seseorang. Orang yang hatinya keras ia lebih mengutamakan apa yang menjadi pendapatnya, dan selalu memandang sesuatu adakah keuntungan bagi dirinya tanpa memikirkan orang lain ia juga menjadi " Raja Tega" tidak punya hati karena segalanya berdasarkan ukuran yang dimiliki. Dan sebaliknya orang yang berhati lembut, ia bertindak dengan hati nurani. Bisa mengalahkan hawa nafsu yang dimiliki karena ada panduan yang dijalankan.

Bu Kanjeng mengawali tulisan di atas berdasarkan pemahaman yang dimiliki. Itu pun karena ia merasa fakir ilmu. Sering mengamati kejadian  yang kadang di luar nalar. Banyak terjadi kekerasan yang berujung kriminal. Tentu saja hal ini membuat keprihatinan hatinya.

Alhamdulillah, Bu Kanjeng punya komunitas yang bisa saling mengingatkan dan berlomba menuju jalan kebaikan mencari rida Allah. Pada akhirnya sampai pada artikel tentang Kiat melembutkan hati untuk orang yang meyakini Islam sebagai pedoman hidupnya.

Inilah yang bisa diamalkan agar hati senantiasa lembut dan bertindak tidak hanya berdasarkan akal pikiran tetapi hati nurani ikut bicara dan bertindak dalam situasi apapun.


1. Perbanyak Baca Al-Quran dengan Mentadabburinya. Di antara sebab lembutnya hati adalah dengan membaca Al Qur’an. Karena Al Qur’an adalah kalamullah. Banyak petunjuk di dalamnya bagaimana untuk berbuat baik.

2. Perbanyak Dzikir Mengingat Allah. Sebagaimana Allah firmankan dalam surah Ar-Ra’d ayat 28 yang artinya, “Ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tenang.”

3. Berteman Dengan kawan yang Baik Agamanya. Tujuan untuk saling mengingatkan, menasihati dalam ketaatan. Sehingga ketika kondisi iman melemah ada yang mengingatkan.

4. Menyayangi Anak Kecil Terutama anak kecil yang yatim. Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda. "Sayanginlah semua yang ada di bumi, niscaya Dzat yang ada dilangi akan menyayangi kalian" (HR. Tirmidzi no. 1924 dan Abu Dawud no 4941).

5. Berdoa kepada Allah. Perbanyak berdoa kepada allah agar dimudahkan dalam ketaatan dan diberikan kelembutan hati. Doa yang diajakan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ
(Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Doa pagi dan petang ini jadi andalan Bu Kanjeng, sejatinya doa jadi kekuatan yang super duper agar tetap dalam ketaatan dan rida dengan apa yang sudah menjadi takdir-Nya. 


Wassalamu'alaikum wr wb..

Comments

  1. Waalaikumsalam Wr.Wb...
    Terima kasih atas pencerahannya bunda ...

    ReplyDelete
  2. Semoga kita termasuk orang2 yg terjaga kelembutan hatinya ya Bun

    ReplyDelete
  3. Dzikrullah ya, Bu Kanjeng... Siiiiip

    ReplyDelete
  4. Kabar perlakuan buruk pada ulama menjadi topik berita terpanas minggu ini. Semoga hati yang keras mendapat pencerahan dengan hukuman yang setimpal. Mari Menulis

    ReplyDelete
  5. Jazakillah khoiron Bunda atas ilmunya.

    ReplyDelete
  6. Semoga kita dihindarkan dari orang-orang jahat dan senantiasa dilembutkan hati Kita, Amiin Allohuma Amiin

    ReplyDelete
  7. Luar biasa semoga kita selalu dalam petunjukNya bun

    ReplyDelete
  8. Terimakasih Bunda pencerahannya, semoga kita senantiasa mendapat petunjukNya, aamiin

    ReplyDelete
  9. Jagalah hati jangan kau nodai. Jagalah hati lentera hidup ini. Itulah pesan Aa gym yang selalu omjay ingat dalam lagunya. Jika hati tidak bersih maka sucikan hati dengan mendekatkan diri kepada Allah.

    ReplyDelete
  10. Keren bu tulisannya. Menambah kyakinan kepadaNya

    ReplyDelete
  11. Keren bu tulisannya. Menambah kyakinan kepadaNya

    ReplyDelete
  12. Wa 'alaikumussalam

    Trimakasih.

    Sangat inspiratif

    ReplyDelete
  13. Benar Bunda kiranya hatinya yang keras dilembutkan.

    ReplyDelete
  14. Terimakasih bunda untuk pencerahannya...

    ReplyDelete
  15. terimakasih bunda atas inspiratifnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

JADILAH PEREMPUAN HEBAT TANPA MELUPAKAN KODRAT