PAMUKKALE COTTON CASTLE



Sri Sugiastuti 


Dalam bahasa Turki, Pamukkale berarti kastil kapas. Sebutan tersebut memang ada benarnya, karena objek wisata yang berada di kawasan Denizli ini menawarkan pemandangan serba putih bak di negeri dongeng.

Alhamdulillah Bu Kanjeng beserta dua adiknya berkesempatan mengunjungi obyek wisata itu. Ketika sampai disana cuaca cukup bersahabat cerah tetapi teduh, ya kisaran pukul 16.00 tidak terlalu panas. Menuju obyek wisata itu dari tempat parkir bus lumayan jauh. Tetapi di kanan kiri pengunjung bisa melihat keindahan alam jadi tidak terasa akhirnya sampai di lokasi Pamukkale the cotton castle atau istana kapas. Sepanjang mata memandang memang yang terlihat seperti hamparan kapas yang berserak

​Warna putih seperti kapas itu  berasal dari hidrogen karbonat dan kalsium yang terkandung dalam air panas. Akibat kandungan dalam air panas yang selalu meningkat ini, lama-lama lokasi keluarnya air panas ini membentuk seperti lapisan kapur putih dan menyerupai air terjun beku.

Dari kejauhan Bu Kanjeng dan rombongan bisa melihat kolam air panas berwarna biru yang berundak menjadi pemandangan utamanya. Pengunjung busa berendam untuk kesehatan, karena air panas bersuhu 36 derajat Celcius mengandung mineral yang menyehatkan tubuh.

Sayangnya waktu dibatasi sehingga tidak memungkinkan untuk ikut berendam. Selain itu  Mr Bullent menjanjikan kalau di hotel ada kolam geotermal yang bisa dipakai untuk berendam dan menyehatkan. 

Rasanya Bu Kanjeng tak sabar ingin berendam di air hangat yang menyehatkan. Tepat menjelang senja mereka sudah masuk hotel 


#Day11AISEIWritingChallenge

Comments

  1. Masih di Turki, dan sekarang mau mandi air panas...
    mantap...

    ReplyDelete
  2. Waaw...turki.. Ternyata..luar boasa ya bund.. Obyek wisatanya..
    Di tunggu kunjungan kmn lgi yaa..hehe

    ReplyDelete
  3. Tambah fotonya dong buuuuu...., biar berasa ikutanšŸ˜ŠšŸ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Bun, fotonya banyakin . .. , semoga suatu hari nanti bisa jalan-jalan kesana aamiin

      Delete
    2. Bisa googgling ya kamera tertinggal di masjid biru

      Delete
  4. Menunggu kisah lainnya tenteng Turki dari bu kanjeng

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CORONA MEMBAWA DUKA (24 )

CATATAN EDITOR DAN APRESIASI

JADILAH PEREMPUAN HEBAT TANPA MELUPAKAN KODRAT