BU KANJENG DAN PONDOK PESANTREN

BU KANJENG DAN PONPES

Oleh: Sri Sugiastuti 

Memasukkan buah hati menuntut ilmu di pondok pesantren menjadi dambaan  banyak orang tua.  Mereka ingin agar anaknya sukses dunia akhirat . Meskipun harus merelakan sang anak jauh dari rumah dan menahan kerinduan untuk bertemu.

Pondok Pesantren merupakan tempat untuk mempelajari agama Islam kemudian menanamkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja setiap pesantren memiliki ciri khas sehingga memiliki kelebihan masing-masing.

Belajar di pondok pesantren menjadi target orang tua karena
selain belajar agama dan ilmu pengetahuan lainnya, santri di pesantren umumnya belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris dan Arab. Mereka pun akan melakukan praktik berbahasa melalui percakapan sehari-hari serta pidato.

Tentu saja, orang tua berharap si buah hati memperoleh banyak manfaat di pesantren. 
Tujuan utama belajar  di pesantren adalah belajar ilmu agama dan menghafal Al-Qur’an kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kehidupan yang kondusif di pesantren mendukung para santri untuk menjadi penghafal Al-Qur’an.

Ketika buah hati berada di pondok  ia memiliki lebih banyak waktu untuk belajar dan nenanamkan nilai Agama Islam karena
Para santri di pesantren umumnya akan mendapatkan pelajaran tentang Al-Qur'an, hadits, fiqih, tarikh atau sejarah Islam, bahasa asing, adab, dan lainnya. Sistem pesantren yang meminta para santri untuk mondok memungkinkan mereka belajar dengan kondusif. Ilmu yang dipelajari dapat dipraktikkan secara langsung dengan bimbingan para ustaz dan ustazah.

Santri memiliki lebih banyak waktu untuk belajar. Mereka memiliki jadwal kegiatan yang terencana. Nyaris tak ada waktu terbuang. Rutinitas ibadah tertata rapi. Selain itu, penanaman nilai-nilai agama Islam bisa dilakukan dengan lebih disiplin dan istiqamah 
karena berada dalam lingkungan yang tepat. Santri juga memiliki keleluasaan untuk berkonsultasi langsung dengan para ustaz/ustazah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa belajar di pondok juga mendidik kemandirian dan disiplin. Di pesantren, santri dididik untuk mengatur kehidupannya sendiri. Mereka memiliki jadwal yang ketat untuk belajar, mencuci, membersihkan kamar, dan berbagai jenis piket yang telah ditentukan. Bahkan, mengatur keinginan untuk membelanjakan uang.

Secara umum, kegiatan pesantren dimulai sejak pukul 03.00 hingga 22.00. Setelah itu, para santri wajib beristirahat. Agar kegiatan berjalan kondusif, pesantren memiliki tata tertib yang telah diketahui dan harus ditaati oleh orang tua dan santri.

Umumnya, tata tertib tersebut disertai sanksi bagi yang melanggar. Tujuan memberlakukan tata tertib adalah agar pihak pesantren dapat melaksanakan kewenangan untuk membina santri dengan tertib dan aman. Memang, sih, pada awalnya santri akan merasa berat. Mereka merasa terkekang dengan tata tertib dan berbagai aturan yang mengikat. 

Semua kegiatan diatur dan harus ditaati, mulai waktu tidur, bangun, makan, belajar, bermain, berpakaian, hingga berbahasa. Namun, pada akhirnya kekangan tersebut akan berbuah kebiasaan dan disiplin yang baik.

Jangan salah, di pesantren para santri juga memiliki waktu luang, kok. Hanya saja, waktu luang tersebut harus mereka gunakan untuk kegiatan ekstrakulikuler. Oleh karena itu, pesantren memiliki beragam ektrakulikuler yang dapat dipilih, seperti olahraga, sains, fotografi, seni, bercocok tanam, wirausaha, tata boga dan busana, dan lainnya. 
Para santri juga dapat mengikuti kompetisi untuk melatih kemampuan mereka.

Belajar  di pondok pesantren para santri bisa membangun rasa percaya diri dan memiliki mental yang kuat. Mereka akan bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah dan kebiasaan yang berbeda tanpa adanya campur tangan orang tua. Mereka akan berlatih menyesuaikan diri dan beradaptasi hingga tampil percaya diri.

Kehidupan tersebut akan membangun mental mereka menjadi kuat. Hal itu akan menjadi bekal untuk kehidupan di masa yang akan datang karena memiliki soft skill yang bagus. Oleh karena itu, anak yang akan mengikuti pendidikan di pesantren harus siap. Anak harus dapat menumbuhkan minat serta memiliki kesungguhan dan mental yang kuat. Orang tua berperan penting untuk memberikan fasilitas dan dukungan serta doa bagi anak.

Kegiatan dan kehidupan di pondok mengajarkan mereka  hidup sederhana  Pesantren memiliki aturan mengenai pakaian yang diperkenankan untuk digunakan. Santri tidak boleh menampakkan kemewahan, tetapi tetap layak dan sopan. Hidup di pesantren pun mengajarkan santri untuk makan dengan apa pun yang disediakan, bersyukur dengan apa pun yang diperoleh. Santri pun tidak bebas menggunakan uang jajan karena umumnya nominal telah ditentukan oleh pihak pesantren berdasarkan kesepakatan dengan orang tua.

Pesantren juga mengajarkan santri untuk belajar arti kehidupan. Tidak semua keinginan dapat terpenuhi. Tidak setiap pendapat harus diterima. Mereka belajar berbagi, berempati, dan bersimpati dengan teman-teman yang berasal dari lingkungan yang berbeda.

Orang tua yang cerdas, paham bahwa.memiliki anak yang soleh dan solehah.adalah  Tabungan Akhirat. Anak yang saleh dan salehah akan menjadi tabungan orang tua di akhirat. Salah satu yang akan dibawa sebagai bekal saat orang tua meninggal adalah doa anak yang saleh.

Saat buah hati belajar di pondok mereka akan memiliki banyak Relasi. Karena 
Pesantren memiliki santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kadang, ada pula yang berasal dari negara lain. Hal itu menjadikan santri memiliki relasi dan jaringan yang luas. 

Selain itu, para ustaz dan ustazah yang mengajar di sana pun sebelumnya telah memiliki jaringan ke berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga mancanegara. 
Hal itu tentu berguna saat santri yang telah menyelesaikan pendidikannya dan berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Hal itu juga berguna saat santri yang sudah selesai belajar ingin mengabdikan ilmu yang telah diperolehnya.

Paparan di atas menjadi bahan pertimbangan saat memasukkan anak Bu Kanjeng belajar di MAN Insan Cendekia Serpong yang awalnya didirikan oleh ICMI (Ikatan Cendekia Muslim Indonesia). Di sekolah yang berbasis pondok ini sangat banyak bekal hidup di dunia dan akhirat. 

Perjuangan Bu Kanjeng agar anaknya lolos tes dan diterima di MAN IC Serpong  pun sangat  luar biasa. Maklum  siswa yang diterima hanya 120, sedangkan yang mendaftar dari seluruh Indonesia sekitar 4000 pendaftar.

Alhamdulillah Bu Kanjeng bisa mengawal anaknya hingga lulus dari MAN IC Serpong dan  melanjutkan ke universitas kehidupan setelah lulus dari STPI ( Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan) Curug.

Post a Comment

8 Comments

  1. Benar sekali bunda, itulah tujuan kita ya Bun....
    Semoga Allah selalu melindungi dan memberkati kita semua, aamiin yaa Rabbal'aalamiin 🤲🤲🤲

    ReplyDelete
  2. Man Insan Cendekia Madani Serpong ya bunda. Keren
    Semoga barokah dan manfaat ilmunya
    Semoga jadi anak Soleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah buah hati sdh berkeluarga dan mandiri di maluku utara

      Delete
  3. Menarik. Memang setiap orang tua merindukan anak berakhlak mulia dan berpengetahuan luas

    ReplyDelete
  4. sangat menginspiratif bu kajeng usahax hingga anakx lolos

    ReplyDelete